EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI MALUKU

SAMULA, FRIDSON YUDHA (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI MALUKU. Other thesis, IPDN.

[img] Text
JURNAL REPOSITORI FRIDSON YUDHA SAMULA.pdf

Download (699kB)

Abstract

ABSTRACT Problems/Background: The Personnel Management Information System is a web-based application that aims to process incoming data to make it as information based on employee needs that is integrated with each other within the scope of government. SIMPEG is defined as an integrated information system, which includes employee data collection, data processing, procedures, work procedures, human resources and information technology to produce fast, complete and accurate information in order to support personnel administration. Purpose: The aim of this study is how effective is the implementation of SIMPEG at the Regional Personnel Board of the Province of Maluku as well as the inhibiting and supporting factors and the efforts made to make SIMPEG effective at the Regional Personnel Agency of the Province of Maluku. Therefore the aim of this research is to describe the level of effectiveness of SIMPEG implementation at the Maluku Provincial Civil Service Agency. Method: The research method used in this research is descriptive qualitative research which is to systematically describe the facts and characteristics of the object or an object that is examined appropriately. The data collection techniques in this study are by observing, interviewing and documenting. This research was carried out within the scope of the Maluku Provincial Personnel Agency, especially in the field of Information and Employee Data. Findings: The results of this study show that the effectiveness of SIMPEG implementation at the Regional Personnel Board of the Maluku province has been running quite effectively. Conclusion: The implementation has been optimal, but there are several inhibiting factors, namely the lack of competent human resources in applying SIMPEG and the lack of integrity between fields at BKD Maluku Province and the lack of strong commitment from other OPDs to employee data so that close relationships are not created in coordination and communication in providing employee data and information. Keywords: Effectiveness, Application, SIMPEG ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang: Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian adalah salah satu aplikasi berbasis web yang bertujuan dalam pengolahan data yang masuk untuk menjadikan sebagai suatu informasi berdasarkan kebutuhan pegawai yang saling terintegrasi dalam lingkup pemerintahan. SIMPEG diartikan sebagai sistem informasi terpadu, yang meliputi pendataan pegawai, pengolahan data, prosedur, tata kerja, sumber daya manusia dan teknologi informasi untuk menghasilkan informasi yang cepat, lengkap dan akurat dalam rangka mendukung adminstrasi kepegawaian. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah bagaimanakah efektivitas penerapan SIMPEG pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Maluku serta faktor penghambat dan pendukung dan upaya- upaya yang dilakukan dalam mengefektifkan SIMPEG pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Maluku. Oleh Karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat efektivitas penerapan SIMPEG pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Maluku. Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang mana adalah untuk menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau suatu benda yang diteliti secara tepat. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada lingkup Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Maluku terkhsus pada bidang Informasi dan Data Pegawai. Hasil Temuan: Hasil dari penelitin ini adalah, menunjukan efektivitas penerapan SIMPEG pada Badan Kepegawaian Daerah provinsi Maluku sudah berjalan cukup efektif. Kesimpulan: Dalam pelaksanaan penerapannya sudah optimal akan tetapi ada beberapa faktor penghambat yaitu kurangya sumber daya manusia yang mempu dalam mengaplikasikan SIMPEG serta belum terintegritasnya antar bidang pada BKD Provinsi Maluku serta kurangnya komitmen kuat OPD lain terhadap data pegawainya sehingga tidak tercipta hubungan erat dalam koordinasi dan komunikasi dalam memberikan data dan informasi pegawai. Kata Kunci : Efektivitas, Penerapan, SIMPEG

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:54
Last Modified: 15 Jun 2023 02:54
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14772

Actions (login required)

View Item View Item