Rumlus, Michael Philipus Hendy (2023) EVALUASI TENAGA PENDIDIK SEKOLAH DASAR DALAM UPAYA PEMERATAAN PELAYANAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MALUKU TENGGARA PROVINSI MALUKU (Studi Kasus Kecamatan Kei Kecil dan Kecamatan Kei Besar Utara Barat). Other thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.
|
Text
REPOSITORY (Michael Philipus Hendy Rumlus_30.1403_Evaluasi Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Dalam Upaya Pemerataan Pelayanan Di Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku).docx (1).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Evaluasi Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Dalam Upaya Pemerataan Pelayanan di Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku (Studi Kasus Kecamatan Kei Kecil dan Kecamatan Kei Besar Utara Barat). Latar belakang dari dibuatnya skripsi yaitu pemerataan pelayanan yang berkaitan dengan tenaga pendidik di Kecamatan Kei Kecil dan Kecamatan Kei Besar Utara Barat belum terlaksana dengan adil dan merata serta kurangnya tenaga guru dan kompetensi guru yang masih belum baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis evaluasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tenggara dalam upaya melakukan pemerataan pelayanan tenaga pendidik Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara khususnya di Kecamatan Kei Kecil dan Kecamatan Kei Besar Utara Barat serta melihat apa saja yang menjadi faktor penghambat dalam melakukan evaluasi dan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan metode penulisan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif dikajikan dengan pendekatan induktif. Dalam mendukung penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Evaluasi menurut William Dunn (2003:610) dengan 6 dimensi yaitu Efektivitas, Efisiensi, Kecukupan, Pemerataan, Responsivitas, dan Ketepatan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan proses analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa evaluasi tenaga pendidik dalam upaya pemerataan pelayanan yang dilakukan di Kecamatan Kei Kecil dan Kei Besar Utara Barat oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tenggara masih belum berjalan dengan baik yang dapat dilihat dari standar pemerataan tenaga pendidik belum berjalan merata serta masih kekurangan kebutuhan tenaga pendidik yang menjadi salah satu faktor penghambat dalam melakukan pemerataan pelayanan di Dinas Pendidikan serta sarana dan prasarana yang belum memadai dari sebagian besar sekolah di Kei Besar Utara Barat. Berdasarkan hasil analisis penelitian, diharapkan agar pemerintah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tenggara berkoordinasi dengan tenaga pendidik maupun masyarakat demi terlaksananya evaluasi pemerataan pelayanan pendidikan yang baik. Kata Kunci : Evaluasi, Pemerataan, Tenaga Pendidik ABSTRACT This thesis is entitled "Evaluation of Elementary School Educators in Efforts to Equalize Services in the Education Office of Southeast Maluku Regency, Maluku Province (Case Study of Kei Kecil District and Kei Besar District of North West). The background of this thesis is that the distribution of services related to educators in Kei Kecil and Kei Besar Utara Barat Districts has not been carried out fairly and evenly and there is a lack of teachers and teacher competence is still not good. The purpose of this study was to find out and analyze the evaluation carried out by the Southeast Maluku Regency Education Office in an effort to provide equal distribution of services to elementary school teaching staff in Southeast Maluku Regency, especially in the Kei Kecil District and Kei Besar Utara Utara District and to see what are the factors obstacles in conducting evaluations and efforts to overcome these obstacles. The type of research used by researchers is a qualitative writing method with descriptive research methods studied with an inductive approach. In supporting this research, researchers used Evaluation Theory according to William Dunn (2003:610) with 6 dimensions namely Effectiveness, Efficiency, Adequacy, Equity, Responsiveness, and Accuracy. Data collection techniques are carried out through interviews, observation, and documentation while the data analysis process used is data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results obtained in this study indicate that the evaluation of teaching staff in an effort to equalize services carried out in Kei Kecil and Kei Besar Utara Utara Districts by the Southeast Maluku Regency Education Office is still not going well which can be seen from the standard of equal distribution of teaching staff that has not run evenly and is still the shortage of teaching staff is one of the inhibiting factors in providing equal distribution of services at the Education Office as well as inadequate facilities and infrastructure for most schools in Kei Besar Utara Barat. Based on the results of the research analysis, it is hoped that the government and the Southeast Maluku Regency Education Office will coordinate with teaching staff and the community in order to carry out a good equity evaluation of educational services. Keywords : Evaluation, Equity, Educators
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Goverment Management > Local Government Administration |
Depositing User: | Administrasi Pemerintahan Daerah FMP |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 07:37 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 07:37 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14704 |
Actions (login required)
View Item |