Efektivitas Penggunaan Aplikasi Smartdukcapil Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Mengurus Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Kota Serang Provinsi Banten

Putra, Muhammad Adriansyah (2023) Efektivitas Penggunaan Aplikasi Smartdukcapil Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Mengurus Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Kota Serang Provinsi Banten. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI (Muhammad Adriansyah Putra_30.0620_I-4_SKPS).pdf

Download (713kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): Population and civil registration is one of the implementers of basic government services in Indonesia. In an effort to improve services, various kinds innovations were carried out, one of them was the Smartdukcapil application program which carried out by Population and Civil Registration Department of Serang City. Purpose: The aim of this research was to find out how effective the Smartdukcapil application by Population and Civil Registration Department of Serang City, the obstacles faced in its implementation , and the resolution made by Population and Civil Registration Department of Serang City in overcoming obstacles. Method: The method used in this theis is a qualitative approach with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. Then the data is analyzed using the Miles and Huberman’s Techniques or data triangulation. Result: Based on the results of research on Smartdukcapil application, it is known that there are limited human resources in operation the Smartdukcapil application. Furthermore, there are obstacles in the form of limited competent public knowledge regarding digital system technology also limited facilities and infrastructure in the form of internet network conditions. To overcome these obstacles, the Department of Population and Civil Registration conducts competency development in the form of training for both technical and non-technical operators as well as conducting outreach to the society. Conclusion: The using of the Smartdukcapil application in increasing society participation in administering electronic regency card in Serang City Banten province has not been done well, obstacles that occur during implementation online service by Smartdukcapil application focused on internet network problem, also people are still having trouble in dealing with technology changes and lack of social equity. While for problems that occur in the internal environment almost not problems, because the half of obstacles has been evaluation and the solution has been founded. The efforts made by Disdukcapil Serang City in solving problems is to coordinate with Diskominfo both before and after the service is carried out and as well as outreach to all regions of Serang City. Keywords : Smartdukcapil ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Kependudukan dan Pencatatan sipil merupakan salah satu pelaksana pelayanan dasar pemerintah di Indonesia. Dalam upaya meningkatkan pelayanan maka dilakukan berbagai macam inovasi salah satunya berupa program Aplikasi Smartdukcapil yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang. Tujuan: Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif dari aplikasi Smartdukcapil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang, hambatan dalam penerapannya serta upaya yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam mengatasi hambatan. Metode: Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini yaitu metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian datanya dilakukan analisis menggunakan teknik Miles and Hubermans atau trianggulasi data. Hasil/Temuan: Berdasarkan hasil penelitian terhadap aplikasi Smartdukcapil diketahui bahwa terdapat keterbatasan sumber daya manusia dalam pengoperasian aplikasi Smartdukcapil. Selain itu terdapat hambatan berupa terbatasnya pengetahuan masyarakat yang kompeten terkait teknologi sistem digital serta keterbatasan sarana dan prasarana berupa kondisi jaringan internet. Untuk mengatasi hambatan tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan pengembangan kompetensi berupa pelatihan untuk operator baik teknis ataupun non-teknis serta mengadakan sosialisasi terhadap masyarakat. Kesimpulan: Penggunaan Aplikasi Smartdukcapil dalam meningkatkan partisipasi masyarakat mengurus KTP-el di Kota Serang Provinsi Banten belum terlaksana dengan baik, Hambatan yang terjadi selama pelaksanaan pelayanan online melalui aplikasi Smartdukcapil lebih dititik beratkan kepada masalah jaringan internet, juga Masyarakat yang masih kesusahan dalam menghadapi perubahan teknologi dan kurangnya pemerataan sosialisasi. Sedangkan untuk masalah yang terjadi di lingkup internal Disdukcapil hampir tidak ditemukan permasalahan yang berarti, karena sebagian besar hambatan telah dievaluasi dan ditemukan solusinya. Upaya yang dikerahkan Disdukcapil Kota Serang dalam mengatasi permasalahan yang terjadi adalah dengan diadakannya koordinasi dengan diskominfo baik sebelum dan sesudah pelayanan dilaksanakan serta melakukan sosialisasi keseluruh daerah di Kota Serang. Kata kunci: Smartdukcapil

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:13
Last Modified: 19 Jun 2023 02:13
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14523

Actions (login required)

View Item View Item