Optimalisasi Layanan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi LAPOR! Oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa

Aruperes, Kireina Aprilia (2023) Optimalisasi Layanan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi LAPOR! Oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa. Other thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
Kireina Aprilia Aruperes_30.1303_Optimalisasi Layanan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi LAPOR! Oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problems/Background (GAP): This research is motivated by the implementation of e-Government- based public complaint services using the LAPOR! Application. through the Minahasa District Communication and Information Service. Purpose: This study aims to see how to optimize public complaint services through the LAPOR! application. by the Minahasa Regency Communication and Informatics Service, inhibiting factors and efforts to optimize the LAPOR! Application. Based on the number of complaint reports through the LAPOR! Application in Minahasa Regency is still at a low rate. Method: The research design used is a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques include semi-structured interviews, participatory observation and documentation. Data analysis techniques used include data reduction, data presentation and drawing conclusions. Results/Findings: The research results show that optimizing public complaint services through the LAPOR! considered not optimal. In the process of analysis and description of optimizing public complaint services through the LAPOR! Application there are 3 dimensions that are important parts, namely goals, decision alternatives and limited resources. In its implementation, several problems were found which were immediately resolved, such as: 1) Lack of outreach to the community 2) Inadequate network 3) Limited human resources. The efforts made to overcome these obstacles include: 1) Outreach to the public via social media 2) Repairing and improving the network system 3) Improving the quality of human resources. Conclusion: Optimization of the LAPOR! application can be optimized through socialization in the community, repairing and improving network systems, and the quality of human resources still needs to be improved by holding training for the LAPOR! application admin, besides that it is re-optimized application implementation by fixing existing deficiencies and solving problems so that government tasks will continue to run well. Keywords: Optimization, Complaint Service, LAPOR! ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan pengaduan publik berbasis e-Government dengan menggunakan Aplikasi LAPOR! melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana optimalisasi layanan pengaduan masyarakat melaui aplikasi LAPOR! oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa, faktor penghambat serta upaya dalam optimalisasi Aplikasi LAPOR!. Berdasarkan jumlah laporan pengaduan melalui Aplikasi LAPOR! di Kabupaten Minahasa masih dalam angka rendah. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara semi terstruktur, observasi secara partisipatif dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi layanan pengaduan masyarakat melalui aplikasi LAPOR! dinilai belum optimal. Pada proses analisis dan pendeskripsian tentang optimalisasi layanan pengaduan masyarakat melalui Aplikasi LAPOR! ada 3 dimensi yang menjadi bagian penting yaitu Tujuan, Alternatif Keputusan dan Sumber Daya yang di batasi. Dalam pelaksanaannya masih ditemukan beberapa permasalahan yang segera diatasi, seperti: 1) Kurangnya sosialisasi kepada masyarakat 2) Jaringan yang belum memadai 3) Keterbatasan SDM. Adapun upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut antara lain: 1) Sosialisasi kepada masyarakat via social media 2) Memperbaiki serta meningkatkan sistem jaringan 3) Peningkatan Kualitas SDM. Kesimpulan: Optimalisasi aplikasi LAPOR! dapat dioptimalkan melalui sosialisasi di masyarakat, memperbaiki dan meningkatkan sistem jaringan, serta kualitas SDM masih perlu ditingkatkan dengan mengadakan pelatihan bagi admin aplikasi LAPOR!, selain itu di optimalkan kembali pelaksanaan aplikasi dengan cara memperbaiki kekurangan yang ada dan menyelesaikan permasalahan agar tugas pemerintahan akan tetap berjalan dengan baik. Kata kunci: Optimalisasi, Layanan Pengaduan, LAPOR!

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:43
Last Modified: 12 Jun 2023 07:43
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14458

Actions (login required)

View Item View Item