EFEKTIVITAS KOMUNIKASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN FACEBOOK DALAM PENYEBARAN INFORMASI PUBLIK PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BUTON TENGAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA

MOBO, FITRI SUMIARSI (2023) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN FACEBOOK DALAM PENYEBARAN INFORMASI PUBLIK PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BUTON TENGAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
FITRI SUMIARSI MOBO_NPP.30.1336_EFEKTIVITAS KOMUNIKASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN FACEBOOK DALAM PENYEBARAN INFORMASI PUBLIK PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BUTON TENGAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA.pdf

Download (580kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): With the development of the Industrial Revolution 4.0 the Indonesian state is required to carry out all government processes quickly and precisely by relying on technology both from the community to the government. In addition, the government also wants to utilize technology in government processes, one of which is by utilizing technology in delivering information. To realize this goal, the Communication and Information Office of Central Buton Regency is one of the Regional Apparatus Organizations that utilize social media as a medium for delivering information. purpose of this research aims to determine the Effectiveness of Social Media in Delivering Public Information to the Central Buton Regency Communication and Information Office, using the theory of Communication Effectiveness from Hardjana (2000). Method: The method used is a qualitative research method with an inductive approach. Data Collection Techniques through observation, interviews, and documentation. Knowing the factors inhibiting employee performance, and efforts to overcome obstacles in improving employee performance. Results: The results of the study show that the delivery of public information through social media can be said to be effective because it is considered to be in accordance with good service standards in terms of users, message content, communication media, message format, message source, timeliness However, it still has several obstacles, namely the apparatus resources owned and the quality of human resources that are still lacking, Distance and time, Facilities, and Infrastructure are still lacking. Conclusion: The delivery of public information through social media can be said to be effective because it is considered to be in accordance with good service standards in terms of users, message content, communication media, message format, message source, and timeliness. The inhibiting factors contained in the process of delivering public information through social media in the nature of Diskominfo Central Buton Regency are that the apparatus resources owned are still lacking, distance and time problems, facilities and infrastructure are not adequate enough, and incidental activities. Keywords: Effectiveness, Service, Social Media ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Perkembangan Revolusi Industri 4.0 negara Indonesia dituntut melaksanakan segala proses pemerintahan secara cepat dan tepat dengan mengandalkan teknologi baik dari masyarakat hingga pemerintahan. Selain itu juga pemerintah dituntut untuk memanfaatkan teknologi dalam proses pemerintahan salah satunya dengan memanfaatkan teknologi dalam penyampaian informasi. Untuk mewujudkan tujuan tersebut Dinas Komunikasi dan Informatik Kabupaten Buton Tengah sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang memanfaatkan media sosial sebagai media penyampaian informasi. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Media Sosial Dalam Penyampaian Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buton Tengah, dengan menggunakan teori Efektivitas Komunikasi dari Hardjana (2000). Metode: Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik Pengumpulan Data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Mengetahui faktor-faktor penghambat kinerja pegawai, dan upaya mengatasi hambatan dalam meningkatkan kinerja pegawai. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukan bahwa Penyampaian informasi publik melalui media sosial bisa di katakan sudah efektif karena dinilai sudah sesuai dengan standar pelayanan yang baik dari segi pemakai, isi pesan, media komunikasi, format pesan, sumber pesan, ketepatan waktu Akan tetapi masih memiliki beberapa hambatan yaitu Sumber daya aparatur yang dimiliki dan kualitas sumber daya manusia yang masih kurang, Jarak dan waktu, Sarana dan Prasarana yang masih kurang. Kesimpulan: Penyampaian informasi publik melalui media sosial bisa di katakan sudah efektif karena dinilai sudah sesuai denga standar pelayanan yang baik dari segi pemakai, isi pesan, media komunikasi, format pesan, sumber pesan, ketepatan waktu. Adapun faktor penghambat yang terdapat dalam proses penyampaian informasi publik melalui media sosial yang di alam Diskominfo Kabupaten Buton Tengah yaitu Sumber daya aparatur yang dimiliki masih kurang, Masalah jarak dan waktu, Sarana dan prasarana belum cukup memadai, Kegiatan yang bersifat Insidental. Kata kunci: Efektivitas, Pelayanan, Media Sosial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:19
Last Modified: 12 Jun 2023 04:19
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14239

Actions (login required)

View Item View Item