ANALISIS METODE TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) DALAM APLIKASI LAPOR DI KABUPATEN BEKASI (Studi Kasus : Kecamatan Tambun Selatan)

Devitasari, Widya Aurellia (2023) ANALISIS METODE TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) DALAM APLIKASI LAPOR DI KABUPATEN BEKASI (Studi Kasus : Kecamatan Tambun Selatan). Other thesis, IPDN JATINANGOR.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY-WIDYA AURELLIA-G3.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problems/Background: The lack of quality public services in Indonesia encourages the government to improve this quality through the development of information technology, one of which is online public complaint services. The Bekasi Regency Government has implemented a National Public Service Complaint Management System (SP4N LAPOR) managed by the Ministry of State Apparatus Empowerment and Bureaucratic Reform (KemenPAN-RB). Purpose: This study aims to determine the acceptance of LAPOR application technology with the TAM (Technology Acceptance Model) method in the people of South Tambun District. Method: This type of research is quantitative with a case study in the people of Tambun Selatan District as the research subject. Data collection techniques using survey methods, using questionnaires. Data analysis technique using IBM SPSS 25. Results/Findings: The results of this study indicate that there are two hypotheses that are not supported, namely the hypothesis of perceived ease and perceived usefulness of using technology on attitudes towards technology use related to the use of the LAPOR application, and the hypothesis of perceived usefulness of users, the influence behavioral interest and perceived ease of use of actual technology related to the use of the LAPOR application. Conclusion: All variables influence each other between perceived ease of use, perceived usefulness of users, attitudes towards technology use, behavioral intentions, and actual use of technology. Keywords: Application, LAPOR, Services, Complaints and Technology Acceptance Model ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang: Kurangnya kualitas pelayanan publik di Indonesia mendorong pemerintah untuk meningkatkan kualitas tersebut melalui perkembangan teknologi informasi salah satunya pada pelayanan pengaduan masyarakat secara online. Pemerintah Kabupaten Bekasi telah menerapkan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N LAPOR) yang dikelola oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan teknologi aplikasi LAPOR dengan metode TAM (Technology Acceptance Model) pada masyarakat Kecamatan Tambun Selatan. Metode: Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan studi kasus pada masyarakat Kecamatan Tambun Selatan sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei, dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data dengan menggunakan IBM SPSS 25. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua hipotesis yang tidak terdukung, yaitu hipotesis persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan penggunaan teknologi terhadap sikap penggunaan teknologi terkait penggunaan aplikasi LAPOR, dan hipotesis persepsi kegunaan pengguna, pengaruh minat perilaku dan persepsi kemudahan terhadap penggunaan teknologi sesungguhnya terkait penggunaan aplikasi LAPOR. Kesimpulan: Semua variabel saling mempengaruhi antara persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan pengguna, sikap penggunaan teknologi, minat perilaku, dan penggunaan teknologi sesungguhnya. Kata kunci : Aplikasi, LAPOR, Pelayanan, Pengaduan dan Technology Acceptance Model

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 26 Jun 2023 06:45
Last Modified: 26 Jun 2023 06:45
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14224

Actions (login required)

View Item View Item