IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN LOA JANAN ILIR KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

FARAKHAN, QAUSA YANOTAMA (2023) IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN LOA JANAN ILIR KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
QAUSA YANOTAMA _30.0991_IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN LOA JANAN ILIR KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problems/Background (GAP): One way to improve people's welfare is through improving public services, but during the implementation in Loa Janan Ilir District, problems occurred such as a lack of availability of information and the low quality of resources. Purpose : This study aims to identify and analyze how policy implementation, supporting and inhibiting factors and efforts to improve the Implementation of District Integrated Administrative Services (PATEN) in Loa Janan Ilir District, Samarinda City, East Kalimantan Province. Methods : The research design used is qualitative research with descriptive methods and a deductive approach. Results/Findings: the findings obtained by the authors in this study indicate that the District Integrated Administrative Service Policy (PATEN) has not been running optimally where there are several obstacles in its implementation, namely from the resource dimension found a lack of facilities and infrastructure to support the implementation of the policy, this can be seen from the availability of facilities and infrastructure in serving the community is inadequate, the level of quality and quantity of human resources is low so that it is not maximal in providing services to the community as can be seen from the number and educational background of officers, in the communication dimension found a low level of outreach to the community so that the community does not know about PATEN, the low level of reports given can be seen from the inconsistent reporting of PATEN activities to the PATEN technical team. Conclusion: Policies implemented by public service providers can be said to be successful if they succeed in achieving the goals set by the policy. And it was found that the dimension that was most prominent and influential on the implementation of sub-district integrated administration services (PATEN) was the resource dimension. Keywords: Implementation, District Integrated Administrative Services (PATEN) ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang(GAP) : Salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik namun pada pelaksanaan di Kecamatan Loa Janan Ilir terjadi masalah seperti Kurangnya ketersediaan informasi dan masih rendahnya kualitas sumber daya. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana implementasi kebijakan, faktor pendukung dan penghambat serta upaya untuk meningkatkan Implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Loa Janan Ilir Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan deduktif. Hasil/Temuan : temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) belum berjalan dengan maksimal yang mana terdapat beberapa penghambat dalam pelaksanaannya yaitu dari dimensi sumber daya ditemukan kurangnya sarana dan prasarana untuk menunjang pelaksanaan kebijakan hal ini terlihat dari ketersediaan sarana dan prasarana dalam melayani masyarakat yang belum memadai, tingkat kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang rendah sehingga belum maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terlihat dari jumlah serta latar belakang pendidikan petugas, pada dimensi komunikasi ditemukan tingkat sosialisasi yang rendah kepada masyarakat sehingga masyarakat tidak mengetahui terkait PATEN, rendahnya tingkat laporan yang diberikan terlihat dari tidak konsistennya pelaporan kegiatan PATEN kepada tim teknis PATEN. Kesimpulan : Kebijakan yang diselenggarakan oleh penyelenggara pelayanan publik dapat dikatakan berhasil apabila berhasil mencapai tujuan ditetapkannya kebijakan tersebut. Dan didapatkan bahwa dimensi yang paling menonjol dan berpengaruh terhadap implementasi pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) ini yaitu dimensi sumber daya Kata Kunci : Implementasi, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Public Policy Studies
Depositing User: Kebijakan Pemerintahan FPP
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:34
Last Modified: 09 Jun 2023 08:34
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14199

Actions (login required)

View Item View Item