STRATEGI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN SURAT KETERANGAN PINDAH DI KABUPATEN TANA TIDUNG PROVINSI KALIMANTAN UTARA

Firdaus, Raihan (2023) STRATEGI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN SURAT KETERANGAN PINDAH DI KABUPATEN TANA TIDUNG PROVINSI KALIMANTAN UTARA. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
30.1598_I2_Raihan Firdaus_Repositori.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): One of the requirements for residents who will migrate both inbound and outbound migration must take care of the move-in letter. Tana Tidung Regency is a regency located in North Kalimantan Province which is a pemekaran district of Bulungan and Nunukan Regencies through the struggle for the declaration of its community leaders. The potential of this area is very much, one of which is from the oil and gas sector which is the largest contributor to income in North Kalimantan Province. Purpose: The purpose of this study describes strategies in improving the quality of moving certificate services in Tana Tidung Regency and to determine the factors that inhibit and encourage the Population and Civil Registration Office in population transfer services in Tana Tidung Regency. Method: This study uses qualitative research descriptive method with an inductive approach. Research data analysis techniques use data reduction, data display and conclusion drawing. In this writing, researchers use qualitative data analysis techniques combined with SWOT analysis. Results: Found driving factors in the issuance service of moving certificates are strong enthusiasm from residents who are already in Tana Tidung Regency, Minister of Home Affairs Regulation Number 108 of 2019, enthusiasm of apparatus and adequate facilities. The weaknesses are low public understanding in SKP management, service coverage far from service centers, limited apparatus human resources, and limited allocation of financing. The strategy used by the Dukcapil Office in improving the quality of SKP services in Tana Tidung Regency is to utilize strengths and minimize existing weaknesses. Conclusion: The strategy of the Tana Tidung Regency Population and Civil Registration Office in Overcoming the problem of moving certificate issuance services is a strategy to utilize strengths and minimize weaknesses by managing a Move Certificate (SKP) no longer requires returning to the area of origin to take care of SKP but can be facilitated by the Tana Tidung Regency Dukcapil Office to communicate with the area of origin. Keywords: Quality of Service, Certificate of Move, SWOT Analysis, Strategy ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Salah satu syarat bagi penduduk yang akan melakukan migrasi baik migrasi masuk maupun keluar wajib mengurus surat pindah datang. Kabupaten Tana Tidung adalah kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Utara yang merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Bulungan dan Nunukan melalui perjuangan deklarasi tokoh-tokoh masyarakatnya. Potensi dari daerah ini sangatlah banyak salah satunya dari sektor minyak dan gas yang menjadi penyumbang penghasilan terbesar di Provinsi Kalimantan Utara. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan Surat Keterangan Pindah di Kabupaten Tana Tidung dan Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendorong Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan pindah penduduk di Kabupaten Tana Tidung. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode deskriptif dengan pendekatan induktif. Tenik analisis data penelitian menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Dalam penulisan ini, peneliti menggunakan Metode teknik analisis data kualitatif yang dipadukan dengan analisis SWOT. Hasil/Temuan: Dijumpai faktor-faktor pendorong dalam pelayanan penerbitan Surat Keterangan Pindah adalah antusiasme yang kuat dari penduduk yang sudah berada di Kabupaten Tana Tidung, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 108 tahun 2019, semangat aparatur dan sarana yang memadai. Kelemahannya adalah rendahnya pemahaman masyarakat dalam pengurusan SKP, Jangkauan pelayanan yang jauh dari pusat-pusat pelayanan, terbatasnya SDM aparatur, dan terbatasnya alokasi pembiayaan. Strategi yang digunakan Dinas Dukcapil dalam meningkatkan kualitas pelayanan SKP di Kabupaten Tana Tidung adalah Memanfaatkan Kekuatan dan meminimalisasi kelemahan-kelemahan yang ada. Kesimpulan: Strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Tidung dalam Mengatasi permasalahan pelayanan penerbitan Surat Keterangan Pindah adalah Strategi memanfaatkan kekuatan dan meminimalisasi kelemahan dengan melakukan pengurusan Surat Keterangan Pindah (SKP) tidak perlu lagi mengharuskan pulang ke daerah asal mengurus SKP melainkan dapat difasilitasi Dinas Dukcapil Kabupaten Tana Tidung untuk berkomunikasi dengan daerah asal. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Surat Keterangan Pindah, Analisis SWOT, Strategi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:18
Last Modified: 09 Jun 2023 08:18
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14188

Actions (login required)

View Item View Item