Otniel, Efra Dwi (2023) KINERJA APARATUR DINAS SOSIAL DALAM PENYALURAN BANTUAN MELALUI PROGRAM PENERIMA BANTUAN IURAN JAMINAN KESEHATAN (PBI - JK) DI KECAMATAN SELAT KABUPATEN KAPUAS PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Other thesis, IPDN.
|
Text
Repository Skripsi Efra.pdf Download (319kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja aparatur Dinas Sosial Kabupaten Kapuas dalam pelayanan melalui penyaluran bantuan bagi masyarakat Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK), kendala atau hambatan yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala atau hambatan dalam penyaluran bantuan bagi masyarakat melalui program Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK). Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Teknis analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kinerja dengan menggunakan indikator kinerja yang dikemukakan T.R Mitchell dalam Sedarmayanti (2009) yang menjadi indikator penilaian kinerja aparatur Dinas Sosial Kabupaten Kapuas dalam penyaluran bantuan melalui program Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK). Hasil penelitian yang ditunjukkan pada analisis data diketahui bahwa, kinerja yang ditunjukkan oleh aparatur Dinas Sosial Kabupaten Kapuas sudah baik, namun masih memiliki kekurangan dari beberapa aspek sehingga pelayanan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK). Mengingat kinerja yang ditunjukkan aparatur dalam kualitas pelayanan, Dinas Sosial Kabupaten Kapuas sebaiknya terus memperhatikan hal-hal yang mendorong atau menghambat kinerja aparatur dalam memberikan pelayanan dalam penyelesaian masalah sosial dalam penyaluran bantuan bagi masyarakat melalui program Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) dan memberikan ruang diskusi kepada setiap aparatur untuk diarahkan sesuai tugas dan tanggung jawab, memberikan pendapat dan masukkan atau hal yang perlu diperjelas dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang berkelanjutan. Kata Kunci: Kinerja, Aparatur, Penyaluran Bantuan, Masyarakat ABSTRACK This study aims to find out how the performance of the Kapuas Regency Social Service apparatus in service through providing assistance to the Community Health Insurance Contribution Assistance Recipients (PBI-JK), find out the obstacles or obstacles faced, and what efforts were made to overcome obstacles or obstacles in difficulties assistance to the community through the Health Insurance Contribution Assistance Recipients (PBI-JK) program. The method used by the author in this study is a descriptive qualitative method with an inductive approach. The data collection technique used is a triangulation technique consisting of interviews, documentation, and observation. Meanwhile, the data analysis techniques that the authors use are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The theory used in this study is performance theory using performance indicators put forward by T.R Mitchell in Sedarmayanti (2009) which is an indicator for assessing the performance of the Kapuas Regency Social Service apparatus in distributing assistance through the Health Insurance Contribution Beneficiary Recipients program (PBI-JK). The results of the research shown in the data analysis revealed that the performance shown by the Kapuas Regency Social Service apparatus was good, but still had deficiencies in several aspects so that the service for Recipients of Health Insurance Contribution Assistance (PBI-JK). Given the performance shown by the apparatus in service quality, the Kapuas Regency Social Service should continue to pay attention to matters that encourage or hinder the performance of the apparatus in providing services in solving social problems in distributing assistance to the community through the Health Insurance Contribution Beneficiary Recipients program (PBI-JK) and provide discussion space for each apparatus to be directed according to their duties and responsibilities, provide opinions and input or matters that need clarification in improving the quality of sustainable services. Keywords: Performance, Apparatus, Distribution of Aid, Public
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Goverment Management > Study of Human Resources Management |
Depositing User: | Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 07:25 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 07:25 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14183 |
Actions (login required)
View Item |