PELAYANAN JEMPUT BOLA DALAM PEMUTAKHIRAN DATA KEPENDUDUKAN BAGI WARGA YANG TERIMBAS PERUBAHAN NAMA JALAN DI SUKU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT

Herodyon, Axel Herodyon (2023) PELAYANAN JEMPUT BOLA DALAM PEMUTAKHIRAN DATA KEPENDUDUKAN BAGI WARGA YANG TERIMBAS PERUBAHAN NAMA JALAN DI SUKU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
repository axel.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The Provincial Government of DKI Jakarta formalized the change of 22 street names in DKI Jakarta Province. Residents affected by street name changes must update their population data again. The Central Jakarta Dukcapil Sub-Department provides a Jemput Bola Service for residents who want to update their population data as a result of the street name change. Purpose: The purpose of this study is to know, analyze and describe the Jemput Bola service in updating data for residents affected by street name changes and obstacles including efforts made to overcome these obstacles. Method: The research method used is descriptive qualitative research and with data collection techniques using interviews, observation, and documentation. Result: From the research conducted by the author, the results obtained are that the Jemput Bola Service in updating population data for residents affected by changes in street names at the Population and Civil Registration Office of the Central Jakarta Administrative City has been running quite well. This can be seen from the very good and positive community response in receiving ball pick-up services and the attitude of officers who have been able to provide the best service to the community in updating the population data of residents affected by changes in street names. However, there are population documents that have been updated that have not been distributed because the residents still reject it due to the lack of information and socialization from related stakeholders related to the change of street names such as POLRI and BPN. The efforts made by the Dukcapil Sub-Department are to collaborate with RT / RW and LMK and coordinate with relevant stakeholders so that population documents can be distributed properly. Conclusion: the socialization carried out by the Central Jakarta Dukcapil Sub-Department regarding changes in street names and ball pick-up services for residents who want to update their population data again has been very good. However, many residents complain about the lack of socialization provided by related agencies such as POLRI in managing BPKB which needs to be updated again and BPN in managing Land Certificates and other assets so that this makes residents reluctant to accept the change in street name. This also greatly hampers the Central Jakarta Dukcapil Sub-Department, they cannot distribute population documents that have been updated again due to the lack of socialization from related agencies so that residents reject the change in street names. Keywords: Changing Street Names, Jemput Bola, Updating of Population Data ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meresmikan perubahan 22 nama jalan yang ada di Provinsi DKI Jakarta. Warga yang terdampak perubahan nama jalan harus memutakhirkan data kependudukannya kembali. Sudin Dukcapil Jakarta Pusat memberikan Pelayanan Jemput Bola bagi warga yang ingin memutakhirkan data kependudukannya imbas dari perubahan nama jalan tersebut. Tujuan: mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan pelayanan jemput bola dalam pemutakhiran data bagi warga yang terimbas perubahan nama jalan serta hambatan termasuk upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dan dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,, observasi, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis, hasil yang diperoleh adalah Pelayanan Jemput Bola Dalam Pemutakhiran Data kependudukan bagi warga yang terimbas perubahan nama jalan di Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Pusat sudah berjalan dengan cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari respon masyarakat yang sangat baik serta positif dalam menerima pelayanan jemput bola serta sikap petugas yang sudah mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dalam memutakhirkan data kependudukan warga yang terimbas perubahan nama jalan. Akan tetapi ada dokumen kependudukan warga yang sudah dimutakhirkan belum terdistribusi karena warga masih melakukan penolakan akibat dari kurangnya informasi dan sosialisasi dari stakeholder terkait yang berhubungan juga dengan perubahan nama jalan ini seperti POLRI dan BPN. Upaya yang dilakukan Sudin Dukcapil yaitu dengan melakukan kerjasama dengan RT/RW dan LMK serta berkoordinasi dengan stakeholder terkait agar dokumen kependudukan bisa terdistribusi dengan baik. Kesimpulan: Sejauh ini sosialisasi yang dilakukan sudin dukcapil Jakarta pusat terkait perubahan nama jalan dan pelayanan jemput bola bagi warga yang ingin memutakhirkan data kependudukannya kembali sudah sangat baik. Akan tetapi banyak warga yang mengeluhkan terkait kurangnya sosialisasi yang diberikan instansi terkait seperti POLRI dalam kepengurusan BPKB yang perlu di mutakhirkan kembali dan BPN dalam kepengurusan Sertifikat Tanah serta kepengrusan asset-aset lainnya sehingga hal ini membuat warga enggan menerima perubahan nama jalan tersebut. Hal ini juga sangat menghambat Sudin Dukcapil Jakarta Pusat, mereka tidak bisa mendistribusikan dokumen kependudukan yang sudah dimutakhirkan kembali akbiat dari kurang nya sosialisasi dari instansi terkait sehingga warga melakukan penolakan pada perubahan nama jalan. Kata kunci: Perubahan Nama Jalan, Jemput Bola, Pemutakhiran Data Kependudukan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 09 Jun 2023 06:28
Last Modified: 09 Jun 2023 06:28
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14112

Actions (login required)

View Item View Item