Syahfitri, Mulya (2023) PERANAN DINAS KOMINFO DALAM MEMBERIKAN KEMUDAHAN DAN KETERBUKAAN INFORMASI MENGGUNAKAN APLIKASI SP4N LAPOR DI KOTA TANJUNGBALAI PROVINSI SUMATERA UTARA. Other thesis, IPDN.
|
Text
REPOSTORY MULYA SYAHFITRI.pdf Download (263kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problems/Background (GAP): The focus of this research is the problem of the still limited resources that understand and handle aspects of communication and information in institutionalizing performance accountability. lack of socialization regarding SP4N LAPOR in Tanjungbalai City. Purpose: This study was to determine the inhibiting factors and supporting factors for the application of SP4N LAPOR (National Public Service Complaint Management System - People's Online Aspiration and Complaint Services) for the ease and openness of information in Tanjungbalai City. Methods: The research was conducted using a descriptive qualitative approach, the data sources in this study came from primary and secondary data obtained from research informants, totaling 5 people. This research used a qualitative descriptive technique. Results/Findings: the results of the study show that the existence of a complaint service SP4N LAPOR! not only as a forum for handling complaints in public services but also as a forum for openness and participation for the general public to participate in development and supervision. The role of Kominfo in society is to help the community because with the presence of the SP4N LAPOR! not only as a forum for handling complaints in public services but also as a forum for openness and participation for the community. Conclusion: Inhibiting Factors and Supporting Factors for the Ease and openness of information using SP4N LAPOR in Tanjungbalai City, the first obstacle faced by the Tanjungbalai City Diskominfo is the willingness of the network to access the internet which is sometimes not very supportive when people want to make complaints. Network constraints are caused by several factors, namely there are several areas that are not yet stable in accessing the internet, so reporting time is hampered. The second obstacle is the community factor itself Keywords: SP4N LAPOR!, Openness, Transparency and Ease ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP) : Fokus penelitian ini adalah permasalahan tentang masih terbatasnya sumberdaya yang memahami dan menangani aspek komunikasi dan informasi dalam pelembagaan akuntabilitas kinerja, Tidak adanya operator SP4N LAPOR di kominfo dikarenakan tidak adanya ketersediaan anggaran yang khusus untuk SP4N LAPOR itu sendiri dan kurangnya sosialisasi terkait SP4N LAPOR di Kota Tanjungbalai. Tujuan : Penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor penghambat dan faktor Pendukung Aplikasi SP4N LAPOR (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) terhadap kemudahan dan keterbukaan Informasi di Kota Tanjungbalai. Metode : Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder yang di dapatkan dari informan penelitian, yang berjumlah 5 orang, Penelitian ini, menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil/Temuan : hasil penelitian menunjukkan bahwa hadirnya layanan pengaduan SP4N LAPOR! tidak hanya menjadi wadah dalam penanganan pengaduan dalam pelayanan publik namun juga menjadi wadah keterbukaan dan partisipasi bagi masyarakat umum untuk ikut serta dalam pembangunan dan pengawasan. Peranan Kominfo dalam masyarakat adalah membantu masyarakat karena dengan hadirnya layanan pengaduan SP4N LAPOR! tidak hanya menjadi wadah dalam penanganan pengaduan dalam pelayanan publik namun juga menjadi wadah keterbukaan dan partisipasi bagi masyarakat. Kesimpulan : Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung terhadap Kemudahan dan keterbukaan informasi menggunakan SP4N LAPOR di Kota Tanjungbalai, Kendala pertama yang di hadapi Diskominfo Kota Tanjungbalai yaitu kesediaan network untuk mengakses internet terkadang kurang mendukung saat masyarakat ingin melakukan pengaduan. Kendala network diakibatkan beberapa faktor yakni ada beberapa daerah yang belum stabil dalam mengakses internet, sehingga waktu dalam melapor menjadi terhambat. Kendala kedua ialah faktor masyarakat itu sendiri Kata Kunci : SP4N LAPOR!, Keterbukaan, Transparansi dan Kemudahan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 06:25 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 06:25 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14063 |
Actions (login required)
View Item |