INOVASI PELAYANAN THREE IN ONE DALAM PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN CILACAP

Abil Fadha Maulana Djatnika, Abil Fadha Maulana Djatnika (2023) INOVASI PELAYANAN THREE IN ONE DALAM PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN CILACAP. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
repository abil.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem/Background: Population administration is a series of structuring and controlling activities in the issuance of documents and population data, in this case specifically birth registration. From the existence of birth registration, the Population and Civil Registration Service issues population documents, namely birth certificates and child identity cards. The Cilacap Regency Population and Civil Registration Office created an innovative child identity card service through the "Three In One" innovation. Purpose: the research aims to find out the implementation of issuing child identity cards in Cilacap Regency, Central Java Province. inhibiting factors, efforts made by the Cilacap Regency Population and Civil Registration Service, and provide suggestions for consideration. Method: This study uses a descriptive qualitative method. This research uses observation data collection methods, interviews, and documentation. Data obtained from data collection was analyzed using innovation theory according to Rogers in Suwarno which has 5 dimensions namely relative advantage, suitability, complexity, possibility of being tried, ease of observation. Informants in this study amounted to 11 people. This research was conducted at the Office of Population and Civil Registration of the Cilacap district. Results/Findings: The results of the Research on the Issuance of Child Identity Cards at the Office of Population and Civil Registration of the Cilacap Regency are quite good but not optimal or there are still things that need to be improved. Conclusion: Issuance of Child Identity Cards at the Cilacap Regency Population and Civil Registration Office is quite good but not optimal or there is still something that needs to be improved. Therefore, there are efforts made by the Cilacap Regency Population and Civil Registration Service, namely by collaborating and creating new innovations, besides maintaining and adding infrastructure and conducting overall socialization. Keywords : Service, Population Administration, Child Identity Card ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang: Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan, dalam hal ini khususnya pencatatan kelahiran. Dari adanya pencatatan kelahiran maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menerbitkan dokumen kependudukan yaitu akta kelahiran dan kartu identitas anak. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cilacap membuat suatu inovasi pelayanan Kartu identitas anak melalui Inovasi “Three In One”. Tujuan: penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dalam penerbitan kartu identitas anak di Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah. faktor penghambat, upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cilacap, dan memberikan saran untuk dijadikan bahan pertimbangan. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat dari pengumpulan data dianalisis menggunakan teori inovasi menurut Rogers dalam Suwarno yang memiliki 5 dimensi yaitu keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba, kemudahan diamati. Informan dala penelitian ini berjumlah 11 orang. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Cilacap. Hasil/Temuan: Hasil Penelitian Penerbitan Kartu Identitas Anak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cilacap sudah cukup baik tetapi belum maksimal atau masih ada yang harus diperbaiki. Kesimpulan: Penerbitan Kartu Identitas Anak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cilacap sudah cukup baik tetapi belum maksimal atau masih ada yang harus diperbaiki. Maka dari itu ada upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cilacap yaitu dengan melakukan kerja sama dan membuat inovasi baru selain itu merawat dan menambah sarana prasarana serta melaukan sosialisasi secara menyeluruh. Kata Kunci : Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Kartu Identitas Anak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 08 Jun 2023 05:49
Last Modified: 08 Jun 2023 05:49
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/13800

Actions (login required)

View Item View Item