OPTIMALISASI LAYANAN COMMAND CENTER 112 DALAM PENANGANAN TANGGAP DARURAT BENCANA DI KOTA SURABAYA PROVINSI JAWA TIMUR

SYARIF, YUSUF MAULANA (2023) OPTIMALISASI LAYANAN COMMAND CENTER 112 DALAM PENANGANAN TANGGAP DARURAT BENCANA DI KOTA SURABAYA PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, IPDN.

[img] Text
YUSUF MAULANA SYARIF_30.0868_J4_OPTIMALISASI LAYANAN COMMAND CENTER 112 DALAM PENANGANAN TANGGAP DARURAT BENCANA DI KOTA SURABAYA PROVINSI JAWA TIMUR.pdf

Download (226kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): This study raises the problem of fictitious callers who provide false reports that interfere with Command Center 112 services in handling disaster emergency response in Surabaya City. Purpose: The purpose of this study is to determine the optimization, obstacles and efforts made by BPBD Surabaya City in handling disaster emergency response in Surabaya City. Method: This study uses qualitative methods with an inductive approach. Data collection techniques use observation, interviews and documentation. Results: Researchers found internal and external bottlenecks in the 112 Command Center service . The internal obstacle is that this service does not yet have a legal basis. External barriers include fictitious callers providing false reports and provider interference. Conclusion: The result of this study is the optimization of Command Center 112 Services in handling disaster emergency response in the city of Surabaya. Researchers concluded that there are several steps to optimize the 112 Command Center Service . That is by conducting socialization to the community, collaborating with the police to crack down on perpetrators of fictitious reports and making special regulations that become the legal basis for the 112 Command Center Service. Keywords : Optimization, Command Center Service 112, Disaster ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang(GAP): Penelitian ini mengangkat permasalahan penelepon fiktif yang memberikan laporan palsu sehingga mengganggu layanan Command Center 112 dalam penanganan tanggap darurat bencana di Kota Surabaya. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui optimalisasi, hambatan dan upaya yang dilakukan BPBD Kota Surabaya dalam penanganan tanggap darurat bencana di Kota Surabaya. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Peneliti menemukan hambatan internal dan eksternal dalam layanan Command Center 112. Hambatan internal yaitu layanan ini belum memiliki landasan hukum. Hambatan eksternal yaitu terdapat penelepon fiktif yang memberikan laporan palsu dan gangguan provider. Kesimpulan: Hasil dari penelitian ini yaitu telah optimalnya Layanan Command Center 112 dalam penanganan tanggap darurat bencana di Kota Surabaya. Peneliti menyimpulkan terdapat beberapa langkah untuk mengoptimalkan Layanan Command Center 112. Yaitu dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, menjalin kerja sama dengan pihak kepolisian untuk menindak pelaku laporan fiktif dan membuat peraturan khusus yang menjadi landasan hukum bagi Layanan Command Center 112. Kata Kunci : Optimalisasi, Layanan Command Center 112, Bencana

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik FPM
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:14
Last Modified: 14 Jun 2023 03:14
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/13361

Actions (login required)

View Item View Item