NURFATIHA, NURFATIHA (2023) EFEKTIVITAS PELAYANAN SIPENDUDUK DALAM PEMBARUAN DATA KTP-el DAERAH KECAMATAN PEMEKARAN KOTA PEKANBARU PROVINSI RIAU. Diploma thesis, IPDN.
|
Text
NURFATIHA_30.0254_I.5_EFEKTIVITAS PELAYANAN SIPENDUDUK DALAM PEMBARUAN DATA KTP-EL DAERAH KECAMATAN PEMEKARAN KOTA PEKANBARU PROVINSI RIAU (1) (1)-1.pdf Download (343kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): (Contains the background behind the research). The Pekanbaru City Population and Civil Registration Service has a challenge in order to be able to maximize services, especially document services related to sub-district expansion. However, services carried out online through SIPENDUDUK turned out to be unsatisfactory to the public regarding the speed of the process for serving population documents which seemed to take a long time. This is because the population is so large, and the lack of socialization regarding SIPENDUDUK which causes a lack of understanding of the community regarding the latest technology causing the service process to be slightly hampered and causing complaints to the community. Purpose : This study aims to determine the effectiveness of supenduduk services in renewal data KTP-el at expansion district Pekanbaru city Riau Province. Methode: This study uses descriptive qualitative research methods with an inductive approach, where the authors obtain data by means ofinterviews, observation and documentation Result: The results showed that the SIPENDUDUK program was seen as not effective enough, namely related to the efficiency of the time the services received were not in accordance with the provisions. Obstacles faced in the effectiveness of the SIPENDUDUK Program are network problems, lack of public knowledge of technology, and uneven socialization. Conclusion: the SIPENDUDUK program was seen as not effective enough, namely related to the efficiency of the time the services received were not in accordance with the provisions. Obstacles faced in the effectiveness of the SIPENDUDUK Program are network problems, lack of public knowledge of technology, and uneven socialization. Efforts made by the Department of Population and Civil Registration in overcoming this problem are expanding the network and providing continuous and comprehensive socialization to the community, and increasing public awareness of the importance of orderly administration, especially having an e-KTP with the latest data. Keywords: Effectiveness, Sipenduduk, Electronic ID Card. ABSTRAK Dosen Pembimbing : MGS. Ismail, S.Pd., M.Si Permasalahan/Latar Belakang (GAP): (Berisi background yang melatarbelakangi penelitian). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru memiliki tantangan agar dapat memaksimalkan pelayanan khususnya pelayanan dokumen terkait pemekaran kecamatan. Namun pelayanan yang dilaksanakan secara online melalui SIPENDUDUK ternyata kurang memuaskan masyarakat terkait kecepatan proses pelayanan dokumen kependudukan yang terkesan membutuhkan waktu yang lama. Hal ini dikarenakan jumlah penduduk yang begitu banyak, dan kurangnya sosialisasi terkait SIPENDUDUK yang menyebabkan kurangnya pemahaman masyarakat terkait teknologi terbaru menyebabkan proses layanan sedikit terhambat dan menimbulkan keluhan pada masyarakat. Tujuan: Untuk mengetahui efektivitas pelayanan SIPENDUDUK dalam pembaruan data KTP-el daerah kecamatan pemekaran Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Metode:Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif, dimana penulis memperoleh data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa program SIPENDUDUK dipandang belum cukup efektif yaitu terkait efisiensi waktu pelayanan yang diterima belum sesuai dengan ketentuan. Hambatan yang dihadapi dalam efektivitas Program SIPENDUDUK adalah masalah jaringan, kurangnya pengetahuan masyarakat akan teknologi, sosialisasi yang belum merata. Kesimpulan: program SIPENDUDUK dipandang belum cukup efektif yaitu terkait efisiensi waktu pelayanan yang diterima belum sesuai dengan ketentuan. Hambatan yang dihadapi dalam efektivitas Program SIPENDUDUK adalah masalah jaringan, kurangnya pengetahuan masyarakat akan teknologi, sosialisasi yang belum merata. Upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam mengatasi masalah tersebut yaitu memperluas jaringan dan memberikan sosialisasi secara terus- menerus dan menyeluruh kepada masyarakat, dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib administrasi khususnya memiliki KTP- el dengan data terbaru. Kata kunci: Efektivitas, SIPENDUDUK, KTP-el
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM |
Date Deposited: | 26 May 2023 07:03 |
Last Modified: | 26 May 2023 07:03 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/12876 |
Actions (login required)
View Item |