Subing, Athallah Nataraga KOMPETENSI APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PADA LAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) BERBASIS ELEKTRONIK DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA SERANG PROVINSI BANTEN. KOMPETENSI APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PADA LAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) BERBASIS ELEKTRONIK DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA SERANG PROVINSI BANTEN.
|
Text
RINGKASAN SKRIPSI_ATHALLAH NATARAGA SUBING_30.0608.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): In the digital era like today, technology is developing very quickly so fast, responsive, innovative and adaptive services are needed by the government in order to be able to carry out good governance. The presence of bureaucratic reform by placing the function of the government apparatus, namely providing services to the public, provides a new color for the development of governance. Based on Government Regulation Number 24 of 2018 concerning Electronically Integrated Business Licensing Services dated June 21 2018, explains that in providing licensing services, both the central government and local governments are required to use the Online Single Submission (OSS) system from the registration process to the permit issuance process. Purpose: The purpose of this study was to find out how employee services are in providing electronic-based Building Permit (IMB) licensing services, to analyze the obstacles faced by employees in providing electronic-based Building Permit (IMB) licensing services, and to analyze the efforts that will be made to overcome them employee barriers in providing electronic-based Building Permit (IMB) licensing services at the Investment and One-Stop Services Office of Serang City. Method: This research uses a qualitative descriptive method with an inductive approach. To obtain informants in this study, the authors used a purposive sampling technique. Data collection techniques in this study using interviews and documentation. Data analysis techniques used in this study include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Results: The results of the study were obtained from the 5 existing research dimensions, there are still 2 dimensions that are not completely good. Conclusion: the competence of the Serang City Investment and One-Stop Services Office apparatus is considered not entirely good. The lack of competency of the apparatus is one of the obstacles. One of the efforts made is by providing training and technical guidance (BIMTEK) to Serang City DPMPTSP officials. Keywords: Apparatus Competence, IMB Services Electronically ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang: Di era digital seperti saat ini, teknologi berkembang dengan sangat cepat sehingga layanan yang cepat, tanggap, inovatif dan adaptif sangat dibutuhkan oleh pemerintah agar dapat menjalankan tata Kelola pemerintahan dengan baik. Kehadiran reformasi birokrasi dengan menempatkan fungsi aparatur pemerintah yaitu memberikan pelayanan kepada publik memberikan warna baru bagi perkembangan tata kelola pemerintahan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik tertanggal 21 Juni 2018, menjelaskan bahwa dalam memberikan pelayanan perizinan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah wajib untuk menggunakan sistem Online Single Submission (OSS) sejak proses pendaftaran hingga proses penerbitan izin. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan pegawai dalam memberikan pelayanan perizinan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) berbasis elektronik, menganalisis hambatan yang dihadapi pegawai dalam memberikan pelayanan perizinan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) berbasis elektronik, serta menganalisis upaya yang akan dilakukan untuk mengatasi hambatan pegawai dalam memberikan pelayanan perizinan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) berbasis elektronik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Serang. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif metode deskriptif dengan pendekatan induktif. Untuk memperoleh informan dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil dari penelitian diperoleh dari 5 dimensi yang ada penelitian, masih terdapat 2 dimensi yang belum sepenuhnya baik. Kesimpulan: kompetensi yang dimiliki oleh aparatur Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Serang dinilai belum sepenuhnya baik. Kurangnya kompetensi aparatur merupakan salah satu hambatan. Upaya yang dilakukan salah satunya dengan memberikan pelatihan dan bimbingan teknis (BIMTEK) kepada aparatur DPMPTSP Kota Serang. Kata Kunci: Kompetensi ASN, Pelayanan IMB berbasis Elektronik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP |
Date Deposited: | 25 May 2023 02:03 |
Last Modified: | 25 May 2023 02:03 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/12575 |
Actions (login required)
View Item |