dewi, ni made ayu (2023) STRATEGI DINAS PARIWISATA DALAM PEMBENTUKAN DESA WISATA DI KABUPATEN POSO. Diploma thesis, IPDN.
|
Text
NI MADE AYU DEWI_30.1261_STRATEGI DINAS PARIWISATA DALAM PEMBENTUKAN DESA WISATA DI KABUPATEN POSO.pdf Download (384kB) | Preview |
Abstract
Kabupaten Poso merupakan kabupaten yang memiliki banyak tempat wisata alam maupun wisata buatan manusia yang cukup terkenal di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. Daerah pariwisata yang ada dapat membantu pengembangan perekonomian daerah dan dapat mensejahterakan masyarakat didaerah tersebut, oleh karena itu pemerintah daerah merencanakan pembentukan desa wisata agar dapat mensejahterakan masyarakat di desa wisata. Maka Dinas pariwisata dan pemerintah Kabupaten Poso mulai memilih desa atau wilayah yang sekiranya akan dijadikan desa wisata dengan harapan agar dapat mensejahterakan masyarakat yang ada di daerah Kabupaten Poso. Sehingga tujuan dari penelitian ini peneliti mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dalam proses pembentukannya. Metode yang peneliti gunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian, peneliti melakukan beberapa teknik diantaranya ialah teknik wawancara, observasi, dokumentasi, kuesioner dan penganalisisan data dengan menggunakan analisis SWOT. perhitungan yang telah dilakukan diperoleh skor tertinggi yaitu ada pada indikator peluang sebesar 2,68, kemudian kekuatan 2,26 dan ancaman 0,46 serta yang terendah yaitu kelemahan dengan skor 0,44 maka strategi prioritas terdapat pada aspek peluang yaitu 2,68 yang dijumlahkan dengan aspek kelemahan 0,44 (W+O) yang menghasilkan 3,12 yaitu perhitungan tertinggi diantara perhitungan yang lainnya. Hasil penelitian pembentukan desa wisata terkait dengan strategi dan strategi prioritas dari Dinas Pariwisata dalam proses pembentukan desa wisata di Kabupaten Poso dengan mempertimbangkan faktor internal dan faktor eksternal yang ada ialah sosialisasi yang berkala akan meningkatkan partisipasi masyarakat, pengawasan terhadap tempat wisata yang ada dan proposal untuk penganggaran perlu disiapkan, ketersediaan aplikasi poso dan mengetahui IT dengan baik, serta partisipasi masyarakat dan program desa wisata harus berjalan dengan seimbang. Kata Kunci: Desa Wisata, Strategi, SWOT Poso Regency is a district that has many natural and man-made tourist attractions which are quite famous in the Central Sulawesi Province. Existing tourism areas can help develop the regional economy and can prosper the people in the area, therefore the local government plans to establish a tourist village so that it can prosper the people in the tourist village. So the tourism office and the Poso Regency government began to choose villages or areas that were supposed to be made into tourist villages with the hope that they would prosper the people in the Poso Regency area. So that the purpose of this research is to identify internal and external factors in the process of its formation. The method that researchers use is descriptive qualitative method. In collecting research data, researchers carried out several techniques including interview techniques, observation, documentation, questionnaires and data analysis using SWOT analysis. the calculations that have been made obtained the highest score, namely the opportunity indicator of 2.68, then the strength of 2.26 and the threat of 0.46 and the lowest, namely weakness with a score of 0.44, the priority strategy is in the aspect of opportunity, namely 2.68 which is added together with a weakness aspect of 0.44 (W+O) which produces 3.12, which is the highest calculation among the other calculations. The results of the research on the establishment of a tourist village are related to the priority strategies and strategies from the Tourism Office in the process of forming a tourist village in Poso Regency by taking into account existing internal and external factors, namely periodic socialization which will increase community participation, monitoring of existing tourist attractions and proposals for budgeting need to be prepared, availability of Poso applications and good knowledge of IT, as well as community participation and tourism village programs must run in balance. Keywords: Tourism Village, Strategy, SWOT
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Administrasi Pemerintahan Daerah FMP |
Date Deposited: | 23 May 2023 04:18 |
Last Modified: | 23 May 2023 04:18 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/12572 |
Actions (login required)
View Item |