Nugroho, Yoga Dwi (2023) INOVASI PROGRAM KIOS PELAYANAN DUKCAPIL SELINA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BELITUNG TIMUR PROVINSI KEPULUAN BANGKA BELITUNG. Other thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.
Text
02RINGKASAN SKRIPSI YOGA DWI NUGROHO KELAS I2.docx Download (375kB) |
Abstract
ABSTRACT Problems/Background (GAP): This study aims to provide an overview and explanation of the implementation of the SELINA dukcapil service kiosk innovation at the Population and Civil Registration Office of East Belitung Regency in providing convenience for people who want to apply for population documents but are constrained by the long distance from Disdukcapil. Purpose: This study aims to determine the implementation of the SELINA innovation, the factors that have become obstacles to the implementation of SELINA and the efforts made to overcome obstacles to the implementation of SELINA by the Department of Population and Civil Registration of East Belitung Regency.. Method: The research method used is descriptive qualitative research method. Data obtained through observation, interviews and documentation. Result: The findings that the researchers found while carrying out the research were that Selina really helped people who were having problems with distance problems so they couldn't come to the dukcapil to make population documents and also researchers found people who did have problems with many not having cellphones and also poor internet conditions well in some villages. Conclusion: Based on the research that has been carried out, the authors conclude that the implementation of the innovative SELINA Dukcapil Service Kiosk program provides benefits to the community, especially those who are located or live far from the Dukcapil Office and is very helpful for people who cannot come to Dukcapil due to obstructed working hours. As for suggestions from the author to the Population and Civil Registration Office of East Belitung Regency to optimize widespread socialization, overcome internet network obstacles, improve the quality of human resources in order to maximize services from SELINA's innovation. Keywords: Innovation, Population Documents, SELINA Service Kios ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta penjelasan tentang pelaksanaan inovasi kios pelayanan dukcapil SELINA di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belitung Timur dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan namun terkendala dengan jarak yang jauh dari Disdukcapil. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan inovasi SELINA, Faktor-Faktor yang menjadi penghambat pelaksanaan SELINA dan Upaya yang dilakukan dalam mengatasi Penghambat dalam pelaksanaan SELINA oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belitung Timur. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang peneliti dapati selama melaksanakan penelitian yaitu Selina sangat membantu masyarakat yang mengalami kendala dengan permasalahan jarak sehingga tidak bisa untuk datang ke dukcapil untuk membuat dokumen kependudukan dan juga peneliti mendapati masyarakat yang memang memiliki kendala dengan banyaknya yang tidak memiliki handphone dan juga kondisi internet yang kurang baik di sebagian desa. Kesimpulan: Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, penulis menyimpulkan bahwa penyelenggaran inovasi program Kios Pelayanan Dukcapil SELINA memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya yang berada atau tinggal jauh dari Dinas Dukcapil serta sangat membantu masyarakat yang tidak bisa datang ke Dukcapil dan juga sebagai solusi terhadap kurangnya kesadaran masyarakat yang tidak bisa ke Disdukcapil karena terhalang jam kerja.Adapun saran dari penulis kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belitung Timur untuk mengoptimalkan sosialisasi secara meluas, mengatasi hambatan jaringan internet, meningkatkan lagi kualitas dari sumber daya manusia guna memaksimalkan pelayanan dari inovasi SELINA. Kata Kunci: Inovasi, Dokumen Kependudukan, Kios Pelayanan SELINA
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies |
Depositing User: | Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM |
Date Deposited: | 11 May 2023 03:50 |
Last Modified: | 11 May 2023 03:50 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/12170 |
Actions (login required)
View Item |