Prasetyo, Agung Budi (2023) EFEKTIVITAS LAYANAN NOMOR TUNGGAL DEMAK 112 DALAM PENGURANGAN RISIKO BENCANA DI KABUPATEN DEMAK PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, IPDN.
Text
EFEKTIVITAS LAYANAN NOMOR TUNGGAL DEMAK 112 DALAM PENGURANGAN RISIKO BENCANA DI KABUPATEN DEMAK PROVINSI JAWA TENGAH.docx Download (967kB) |
Abstract
ABSTRACT Problem/Background (GAP): Demak 112 Single Number Service as an information service for receiving and sending various requests by telephone, as well as an innovation that plays a role in disaster risk reduction in Demak Regency. Purpose: the purpose of this research is that an innovation-integrated emergency call number service must continue to be developed to be able to handle emergencies. The factors that support and hinder the effectiveness of the Demak 112 single number service and the efforts that have been made by the Demak Regency government in order to increase the effectiveness of the Demak 112 single number service aim to reduce the risk of disasters that occur in Demak Regency. Method: Research design used is a qualitative research with descriptive method and inductive approach. Data collection techniques through interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques used by the authors are data reduction, data presentation and conclusion. Results/Findings: The results of the study show that the implementation of the Demak 112 single number service in Demak Regency has been carried out well, but in its implementation there are still obstacles or obstacles that affect the implementation process so that it is still not enough to be said to be effective. Efforts made by the Demak Regency Communication and Informatics Service to increase the effectiveness of single number 112 services, namely through the development of infrastructure and supporting infrastructure, regular program evaluations, an integrated approach that is sustainable in Demak 112 single number services. Conclusion: Conclusions given by researchers in This research is used as material for consideration of the provision of Demak 112 single number services in Demak Regency, conducting evaluation and monitoring, organizing cooperation with the private sector or other related parties, then an integrated approach that is sustainable. Keywords: Effectiveness, Call Center, Disaster Risk Reduction. ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Layanan Nomor Tunggal Demak 112 sebagai layanan informasi menerima dan mengirim berbagai permintaan melalui telepon, juga sebagai suatu inovasi yang berperan pengurangan risiko bencana di Kabupaten Demak. Tujuan: tujuan penelitian ini sebagai layanan nomor panggilan darurat terintegrasi inovasi harus terus dikembangkan guna mampu menangani keadaan darurat. Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam efektivitas layanan nomor tunggal Demak 112 serta upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Demak dalam rangka peningkatan efektivitas layanan nomor tunggal Demak 112 guna bertujuan mengurangi risiko bencana yang terjadi di Kabupaten Demak.Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh penulis adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan layanan nomor tunggal Demak 112 di Kabupaten Demak sudah terlaksana dengan baik, namun dalam penyelenggaraannya masih terdapat kendala atau hambatan yang berpengaruh dalam proses pelaksanaannya sehingga masih belum cukup untuk dapat dikatakan efektif. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Demak untuk meningkatkan efektivitas layanan nomor tunggal 112 yaitu melalui pengembangan infrastruktur dan sarana prasarana pendukung, evaluasi program secara berkala, pendekatan secara terintegrasi yang berkelanjutan dalam layanan nomor tunggal Demak 112. Kesimpulan: Kesimpulan yang diberikan peneliti dalam penelitian ini sebagai bahan pertimbangan terhadap penyelenggaran layanan nomor tunggal Demak 112 di Kabupaten Demak, melakukan evaluasi dan monitoring, penyelenggaraan kerjasama dengan pihak swasta ataupun pihak terkait lainnya, selanjutnya pendekatan secara terintegrasi yang berkelanjutan. Kata Kunci: Efektivitas, Call Center, Pengurangan Risiko Bencana.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Goverment Management > Safety Management and Public Security |
Depositing User: | Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik FPM |
Date Deposited: | 11 May 2023 02:13 |
Last Modified: | 11 May 2023 02:13 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/12162 |
Actions (login required)
View Item |