Kepemimpinan dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Daerah

Susilowati, Susilowati and Eljawati, Eljawati and Gradiana, Tefa and Suwanda, Siti Nuraisyah and Suwanda, Dadang (2021) Kepemimpinan dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Daerah. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. pp. 1385-1390. ISSN 1411-8939

[img]
Preview
Text
Kepemimpinan dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Daerah (2).pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Korespondensi Kepemimpinan dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Daerah.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Turnitin - Kepemimpinan dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Daerah.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/vi...

Abstract

Pelayanan publik merupakan pelaksanaan tugas-tugas pemerintah secara langsung untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Namun yang terjadi saat ini adalah munculnya fenomena pemerintah dalam melaksanakan kegiatan pelayanan publik yang sering diartikan dalam konotasi yang berbeda oleh masyarakat. Karena itu, dinilai perlu dilakukan peningkatan kualitas pelayanan publik sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hal ini tentunya sangat dipengaruhi kepemimpinan yang baik untuk penyempurnaan penyelenggaraan pelayanan publik sebagai suatu kebutuhan yang mendesak guna peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan hubungan kepemimpinan lokal dalam pelaksanaan pelayanan publik sehingga adanya peningkatan kualitas dalam pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, angket dan studi literatur (library research). Penentuan sampel penelitian melalui metode multistage random sampling dan merumuskannya ke dalam rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan adanya besaran kualitas pelayanan publik. Bidang kebersihan penanganan kebersihan adalah 4050 atau 67,50% dengan predikat cukup baik. Besaran kepemimpinan dalam penanganan bidang kebersihan adalah 3918 atau 65,30% dengan predikat cukup baik.Terdapatnya perbedaan antara kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan kebersihan penanganan kebersihan di Kecamatan Jatinangor dengan nilai τ = np-nn/ C(n,2) = 0.56.

Item Type: Article
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Mr. Welly Putra Jaya
Date Deposited: 07 Apr 2023 11:24
Last Modified: 10 Apr 2023 07:52
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/12046

Actions (login required)

View Item View Item