IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA TINGKAT SMA DI KECAMATAN TANJUNG SELOR KABUPATEN BULUNGAN

MUHAMAD HATTAMI, MH (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA TINGKAT SMA DI KECAMATAN TANJUNG SELOR KABUPATEN BULUNGAN. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
Repository m hattami.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah kebutuhan yang penting dalam pengembangan sumber daya manusia, maka dari itu pemerataan kualitas pendidikan di tiap daerah perlu dilakukan guna menghasilkan output sumberdaya manusia yang berkualitas. salah satu upaya dalam pemerataan kualitas sumber daya manusia adalah dengan kebijakan penerimaan peserta didik baru dengan sistem zonasi, maka dari itu penulis tertarik untuk meneliti dengan judul implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru pada tingkat sma di kecamatan tanjung selor kabupaten bulungan. Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru sistem zonasi pada tingkat SMA serta faktor apa saja yang menjadi penghambat dan upaya apa yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan hal tersebur Metode yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian riset terapan pemerintahan ialah deskriptif kualitatif dengan pendakatan deduktif. Pengumpulan data serta informasi menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik penarikan kesimpulan dari Milles and Huberman yang meliputi Reduksi Data, Penyajian Data serta Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru sistem zonaasi pada tingkat SMA di kecamatan Tanjung selor dinilai cukup berhasil dari segi legalistik dan teorik. Adapun saran untuk implementasi program PPDB sistem zonasi berupa adanya sosialisasi dan edukasi baik kepada pelaksana kebijakan serta target kebijakan serta melakukan peningkatan sarana dan prasarana serta kualitas SDM pelaksana kebijakan agar optimalisasi dari kebijakan ini dapat secara maksimal dan output yang di harapkan dari kebijakan ini dapat terwujud. Kata kunci : konsep implementasi, pendidikan, zonasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Kebijakan Publik FPP
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:11
Last Modified: 29 Jul 2022 08:11
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11934

Actions (login required)

View Item View Item