KEBIJAKAN PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI LAPOR DI KOTA GUNUNGSITOLI PROVINSI SUMATERA UTARA

Nazara, Arbin Eliezer (2022) KEBIJAKAN PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI LAPOR DI KOTA GUNUNGSITOLI PROVINSI SUMATERA UTARA. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
ARBIN ELIEZER NAZARA_29.0089_KEBIJAKAN PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI LAPOR DI KOTA GUNUNGSITOLI PROVINSI SUMATERA UTARApdf.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan dimana aplikasi LAPOR Kota Gunungsitoli belum sepenuhnya menjawab permasalahan yang disampaikan oleh masyarakat. Berdasarkan data dari dashboard admin utama aplikasi LAPOR Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Gunungsitoli, sebanyak 155 dari 402 laporan belum terselesaikan. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi penggunaan aplikasi LAPOR dalam melayani pengaduan masyarakat oleh Pemerinta Kota Gunungsitoli melalui Aplikasi LAPOR. Serta mengetahui bagaimana kendala dan cara mengatasi kendala yang ada. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif dan analisis terhadap teori implementasi kebijakan publik dari Van Horn dan Van Meter. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam (7 informan), dokumentasi dan observasi. Hasil/Temuan: Kurangnya sosialisasi oleh pemerintah, rendahnya rating penilaian pada website aplikasi LAPOR Kota Gunungsitoli, kurangnya sumber daya manusia dan anggaran, sikap para admin yang belum maksimal serta minimnya komunikasi antar perangkat daerah. Kesimpulan: Bahwa aplikasi LAPOR di Kota Gunungsitoli ini telah berjalan dengan baik, hanya masih terdapat beberapa hambatanyang mempengaruhi kinerja aplikasi LAPOR Kota Gunungsitoli. Meskipun memiliki beberapa hambatan namun pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam mengatasi hambatan tersebut. Kata Kunci: Aplikasi LAPOR, Implementasi, Layanan pengaduan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:50
Last Modified: 21 Jul 2022 01:50
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11515

Actions (login required)

View Item View Item