FARIZTIANANDA, RAFIF (2022) PENGARUH FAKTOR STRATEGI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MILENIAL APLIKASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIPAK) OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI KOTA BLITAR JAWA TIMUR. Diploma thesis, IPDN.
|
Text
RAFIF FARIZTIANANDA_29.0982_PENGARUH FAKTOR STRATEGI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MILENIAL APLIKASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH FAKTOR STRATEGI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MILENIAL APLIKASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIPAK) OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI KOTA BLITAR JAWA TIMUR Oleh: RAFIF FARIZTIANANDA Pembimbing: Prof. Dr. Drs. Ermaya Suradinata, SH.,MH., M.S Dr. Drs. Irawan, SE., MM Penggunaan Aplikasi sebagai bentuk digitalisasi layanan Pemerintah telah digunakan dibanyak pemerintah daerah di Indonesia dan salah satunya pemerintah Kota Blitar. Pemerintah Kota Blitar melalui aplikasi SIPAK terus berusaha meningkatakan Kepuasan Pengguna agar nantinya digitalisasi Pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Kaum milenial sebagai generasi penerus dan sesuai dengan perkiraan bahwa Indonesia akan mendapat bonus demografi pada tahun 2045 memiliki peran penting sehingga aspirasi mereka yang kritis dan melek akan teknologi perlu dipelajari dan digunakan sebagai acuan pemerintah dalam melaksanakan digitalisasi layanan pemerintahan. Penelitan ini menggunakan metode kuantitatif dengan membentuk suatu model strategi bagi peningkatan kepuasan pengguna milenial, teori ASOCA yang terdiri dari AbiIity (kemampuan), Strenght (kekuatan), Opportunity (peIuang), CuIture (budaya), AgiIity (kecerdasan) yang kemudian digabungkan dengan teori tingkat kegunaan suatu aplikasi dipilih sebagai pisau analisis yang kemudian disusun mejadi model dalam penelitian ini. Penghitungan dari penelitian ini menggunakan uji litmus dengan pembobotan yang diperoleh dari nilai sumbangan relatif tiap variabel independen terhadap variabel dependen Secara statistik model ini terbukti memilki pengaruh yang signifikan dan dapat meningkatkan 70.92% kepuasan pengguna milenial terhadap aplikasi SIPAK dengan rincian Faktor Internal sebagai faktor yang dominan memiliki pengaruh sebesar 49.07% yang artinya pemerintah dapat memprioritaskan perbaikan internal yakni daya tanggap server dan respon terhadap keluhan serta isi konten dan Faktor eksternal sebesar 21.85%. diamana pemerintah dapat memperbaiki tampilan serta kemudahan pengguna sebagai pelengkap dalam meningkatkan kepuasan pengguna milenial Kata Kunci : SIPAK, Kaum Milenial, ASOCA, Kepuasan Pengguna ABSTRACT THE INFLUENCE OF STRATEGIC FACTORS ON MILENIAL USER SATISFACTION ON POPULATION ADMINISTRATION SERVICE INFORMATION SYSTEM APPLICATION (SIPAK) BY THE COMMUNICATION AND INFORMATION DEPARTMENT OF BLITAR CITY, EAST JAVA By: RAFIF FARIZTIANANDA Advisor: Prof. Dr. Drs. Ermaya Suradinata, SH.,MH., M.S Dr. Drs. Irawan, SE., MM The use of Applications as a form of digitizing Government services has been used in many local governments in Indonesia and one of them is the Blitar City government. The Blitar City Government through the SIPAK application continues to strive to improve User Satisfaction so that later digitization of the Government can run well. Millennials as the next generation and in accordance with the prediction that Indonesia will receive a demographic bonus in 2045 have an important role so that their critical and technology literate aspirations need to be studied and used as a reference for the government in implementing the digitization of government services This research uses a quantitative method by forming a strategy model for increasing millennial user satisfaction, ASOCA theory which consists of AbiIity (ability), Strength (strength), Opportunity (opportunity), CuIture (culture), Agility (intelligence) which is then combined with the theory The usability level of an application is chosen as an analytical tool which is then compiled into a model in this study. The calculation of this study uses the litmus test with weighting obtained from the relative contribution value of each independent variable to the dependent variable. Statistically, this model is proven to have a significant effect and can increase 70.92% of millennial user satisfaction with the SIPAK application with details of Internal Factors as the dominant factor having an influence of 49.07%, which means that the government can prioritize internal improvements, namely server responsiveness and response to complaints and content. content and external factors by 21.85%. where the government can improve the appearance and convenience of users as a complement in increasing millennial user satisfaction Keyword : SIPAK, Milenials, ASOCA, User Satisfaction
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 07:52 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 07:52 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11396 |
Actions (login required)
View Item |