STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pengrajin Kriya Kayu di Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara)

MARBUN, ONESIFORUS (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pengrajin Kriya Kayu di Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara). Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
ONESIFORUS MARBUN_29.0154_STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PENGRAJIN KRIYA KAYU DI KABUPATEN TOBA PROVINSI SUMATERA UTARA).pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini merupakan penelitian strategi pengembangan terhadap pelaku UMKM Kriya Kayu (Ukiran Gorga) Jesral Tambun di Kabupaten Toba pada masa pandemi Covid-19. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perencanaan melalui pemanfaat digital marketing menggunakan metode SOSTAC yang dapat digunakan menjadi kerangka perencanaan untuk mengidentifikasi masalah digital marketing. Metode: Penelitian ini dilakukan melalui enam tahapan utama, yaitu (1) Situation analysis untuk mengetahui situasi pada lingkungan UMKM, (2) Objectives untuk menetapkan tujuan, (3) Strategy untuk menetapkan rancangan dalam mencapai tujuan, (4)Tactic dalam menentukan cara dalam implementasi strategy, (5) Action menjelaskan tindakan-tindakan yang akan dilakukan dengan cara-cara yang sudah ditetapkan dan (6) Control dalam pengaturan dan pengukuran efisiensi dari Tindakan yang dilakukan). Hasil/Temuan: Dalam penelitian ini juga membahas faktor-faktor penghambat yang dirasakan oleh Jesral Tambun dalam melakukan pengembangan strategi digital marketing, seperti: pemenuhan bahan baku, harga produk yang belum bisa bersaing, keterbatasan modal dan belum optimalnya promosi serta sumber daya dalam melakukan pemasaran secara online. Penelitian ini juga turut serta membahas strategi yang dilakukan oleh Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan serta Pemerintah Daerah Kabupaten Toba dalam membantu pelaku UMKM Kriya Kayu di Kabupaten toba. Strategi yang dilakukan adalah: Menjalin hubungan dengan pemilik bahan baku kayu dalam pemenuhan kebutuhan bahan baku, pemberian modal usaha dan bantuan alat kepada pengrajin kriya kayu, memberikan pelatihan kepada pemilik UMKM mengenai pemasaran secara online dan Melakukan promosi melalui event-event besar dan iklan-iklan. Kesimpulan dan Saran: Penelitian ini mempunyai kesimpulan bahwa Strategi pengembangan UMKM melalui Digital Marketing Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Toba terkhusunya yang dilakukan oleh pemilik UMKM Kriya Kayu (Ukiran Gorga) Jesral Tambun sudah berjalan namun belum optimal secara menyeluruh yang diidentifikasi menggunakan analisis SOSTAC (Situation Analysis, objectives, Strategy, Tactics, Actions dan Control). Kata Kunci: UMKM, Kriya Kayu, SOSTAC, Perancangan, Strategi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:53
Last Modified: 12 Jul 2022 06:53
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11126

Actions (login required)

View Item View Item