FURU, KHOFIFAH HIDAYATI (2022) EFEKTIVITAS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI KABUPATEN KAIMANA DALAM MENGELOLA INFORMASI PUBLIK. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
|
Text
KHOFIFAH HIDAYATI FURU_29.1894_EFEKTIVITAS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN KAIMANA_Jurnal..pdf Download (262kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem/Background (GAP): To lead to good governance, the government with the approval of the DPR issued Law Number 14 of 2008 regarding Public Information Disclosure. Objectives: This research is focused on looking at the effectiveness of the communication and informatics office of Kaimana Regency in managing public information. collusion and nepotism by increasing the transparency and accountability of public institutions. Methods: This study used a qualitative descriptive method with an inductive approach. Then draw conclusions, general problem solving using interviews, observations, and documentation as data collection instruments. The research conducted by the author shows that the management of public information at the Communication and Information Office of Kaimana Regency is still lacking in meeting the needs of adequate human resources and the lack of controlling carried out by the Communication and Information Office of Kaimana Regency in addressing the problems encountered by other agencies in managing the website. Conclusion: The effectiveness of the Kaimana Regency Communication and Information Office has not been fully effective. This can be seen from the research conducted by the researcher, it can be seen that there is a lack of meeting the needs of adequate human resources and the lack of controlling carried out by the Communication and Information Office of Kaimana Regency in addressing the problems encountered by other agencies in managing the website. Keywords: Effectiveness, Management, Public Information. ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Untuk mengarah good governance, pemerintah terhadap persetujuan DPR menerbitkan UU Nomor 14 Tahun 2008 terkait Keterbukaan Informasi Publik. Tujuan: Penelitian ini di fokuskan untuk melihat keefektivitasan dinas komunikasi dan informatika kabupaten kaimana dalam mengelola informasi publik tujuannya guna membentuk layanan masyarakat yang semakin mudah, cepat, efektif dan efisien guna mendorong good governance dengan teknologi yang memudahkan rakyat menarik informasi sehingga bisa memperkecil praktek korupsi, kolusi dan nepotisme secara menaikan transpansi dan akuntabilitas lembaga publik. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Selanjutnya menarik kesimpulan, pemecahan masalah bersifat umum dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian yang dilakukan penulis, bahwa pengelolaan informasi public di Dinas komunikasi dan informatika kabupaten kaimana masih kurangnya pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia yang mencukupi dan kurangnya controlling yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kaimana dalam menyikapi permasalahan yang ditemui dinas lain dalam mengelola website. Kesimpulan: Efektivitas yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kaimana belum sepenuhnya berjalan efektif. Hal ini dapat dilihat dari penelitian yang dilakukan penelitia terlihat kurangnya pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia yang mencukupi dan kurangnya controlling yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kaimana dalam menyikapi permasalahan yang ditemui dinas lain dalam mengelola website. Kata Kunci: Efektivitas,Pengelolaan, Informasi Publik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 07:43 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 07:43 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10991 |
Actions (login required)
View Item |