BALRAJ, ERLITA YANUARIQHWA SHAFA BALRAJ (2022) MANAJEMEN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BERBASIS ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA JAYAPURA PROVINSI PAPUA. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.
|
Text
9. RINGKASAN SKRIPSI .pdf Download (471kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat pemerintah meningkatkan langkah-langkah untuk menangani penyebaran agar tidak semakin luas diantaranya menjaga jarak dan bekerja dari rumah. Untuk melakukan penyesuaian kebijakan melakukan pelayanan secara daring, Dinas Kependudukan dan Pencatatan SipilKota Jayapura melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan secara online menggunakan aplikasi Pacedukcapil untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan selama masa pandemi Covid-19 ini. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manajemen pelayanan administrasi kependudukan berbasis online pada masa pandemi Covid-19 di Kota Jayapura Provinsi Papua,faktor penghambat dan pendukung serta upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut.. Metode: Penelitian ini menggunakan metode campuran dan analisis terhadap tahap partisipasi menurut Teori Yadav. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket (50 responden), wawancara mendalam (7 informan), dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif untuk menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang berperan serta, wawancara terstruktur dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling, dan dokumentasi. Kesimpulan: Faktor yang menghambat pelayanan yaitu masyarakat yang belum mengetahui tentang alur pelayanan online karena kurangnya sosialisasi, sumber daya dan sarana-prasarana yang ada sudah baik namun dengan jumlah yang terbatas, jaringanyang terganggu dikarenakan pemadaman listrik berkala di Kota Jayapura. Adapun saran yang diberikan oleh peneliti adalah tetap mempertahankan yang sudah baik dan terus mengembangkan pelayanan agar dapat terus digunakan secara maksimal. Kata kunci: Manajemen Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Covid-19
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Administrasi Pemerintahan Daerah FMP |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 06:40 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 06:40 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10636 |
Actions (login required)
View Item |