PENERAPAN APLIKASI PASTI DALAM PELAYANAN AKSES TELEKOMUNIKASI DI KABUPATEN TELUK BINTUNI

MAKALUWU, KEVIN (2022) PENERAPAN APLIKASI PASTI DALAM PELAYANAN AKSES TELEKOMUNIKASI DI KABUPATEN TELUK BINTUNI. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY KEVIN ARVANO.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): (Berisi background yang melatarbelakangi penelitian). Dalam memberikan pelayanan publik oleh instansi pemerintahan pada era saat ini harus lebih memanfaatkan teknologi informasi sehingga pelayanan publik dapat lebih efektif dan effisien. Dalam penelitian ini meneliti tentang penerapan E-Government di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Teluk Bintuni dalam memberikan pelayanan publik tentang pelayanan jaringan telekomunikasi dalam menerapkan E-Government melalui aplikasi PASTI di Dinas Komunikasi dan Informatika.Tujuan untuk mengetahui pelayanan dari Diskominfo Kabupaten Teluk Bintuni dalam pelayanan telekomunikasi melalui aplikasi PASTI dan mengetahui hambatan serta upaya dari Diskominfo Kabupaten Teluk Bintuni.Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif, dimana penulis memperoleh data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil/Temuan:. pengaplikasi alat ukur Balanced-Scorecard dari aplikasi PASTI yang terdiri dari 5 Dimensi dalam menerapkan E- Government, yaitu: 1). Dimensi Manfaat yaitu Adanya penerapan aplikasi PASTI yang di gunakan Diskominfo-ps Kabupaten Teluk Bintuni sangat bermanfaat dalam pelayanan akses telekomunikasi, Adanya prosedur, tata cara, dan langkah membuat permohonan akses telekomunikasi di aplikasi PASTI 2). Dimensi Efisien yaitu Pelayanan akses telekomunikasi berjalan efisien melalui penerapan aplikasi PASTI di kabupaten teluk bintuni 3). Dimensi Partisipasi yaitu Pengaruh dan Keterlibatan dari Masyarakat Dalam Pelayanan Akses Telekomunikasi, 4). Dimensi Transparansi yaitu Keterbukaan Informasi dari Diskominfo mengenai proses pelayanan akses telekomunikasi, 5). Dimensi Manajemen Perubahan yaitu perencanaan Strategis dan Strategi Pengembangan Kedepan dan Kualitas Kesimpulan: Pelayanan Akses Telekomunikasi di Kabupaten Teluk Bintuni diperoleh hasil belum berjalan dengan baik hal inni disebabkan oleh adanya sarana dan prasarana berupa perangkat teknologi yang dimilki yang masih kurang dan membutuhkan perangkat teknologi yang baru.Hambatan dalam Penerapan Aplikasi PASTI dalam Pelayanan Akses Telekomunikasi di Kabupaten Teluk Bintuni yaitu belum berjalan dengan baik diantaranya kurangnya anggaran dalam pengembangan jaringan telekomunikasi.Upaya yang dilakukan oleh Diskominfo Kabupaten Teluk Bintuni yaitu alokasi anggaran yang dibutuhkan oleh Diskominfo dalam mengembangkan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:00
Last Modified: 30 Jun 2022 07:00
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10485

Actions (login required)

View Item View Item