KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DINAS PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA KABUPATEN MUNA PROVINSI SLAWESI TENGGARA

RAZAK, MUHAMMAD (2022) KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DINAS PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA KABUPATEN MUNA PROVINSI SLAWESI TENGGARA. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
29.1606 MUHAMMAD RAZAK KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DINAS PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA KABUPATEN MUNA PROVINSI SLAWESI TENGGARA.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP) : Penelitian ini di latar belakangi oleh tiga hal, yaitu Sistem pengelolaan dalam upaya pengembangan objek wisata oleh aparatur sipil negara dinas pariwisata masih kurang optimal, Target dan realisasi retribusi sektor pariwisata dari tahun ke tahun masih belum maksimal, dan Tidak adanya pendapatan daerah yang masuk ke kas daerah dari sektor pariwisata pada tahun 2020,Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menganalisis,dan mendeskripsikan kinerja Aparatur Sipil Negara Dinas Pariwisata Kabupaten Muna Metode: Penelitian ini menggunakan metode dekskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif dan analisis terhadap kinerja aparatur sipil negara menurut teori efektivitas menurut Dwiyanto dengan mencakup beberapa dimensi, produktivitas, kualitas pelayanan, responsivitas, responsibilitas, akuntabilitas Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil/Temuan: kinerja aparatur sipil negara dinas pariwisata Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara belum maksimal di tandai dari pencapaian indikator kinerja namun setiap tahunnya aparatur selalu melakukan pembenahan dan peningkatan kinerja. Kesimpulan: Kinerja aparatur Dinas Pariwisata Kabupaten Muna dalam pengelolaan objek wisata Kabupaten Muna belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari capaian lima indikator kinerja. Faktor penghambat dalam pengelolaan objek wisata Kabupaten Muna yaitu sarana dan prasarana pendukung kepariwisataan masih kurang memadai. Salah satunya keberadaan toilet umum dan kamar ganti serta ketersediaan lahan parkir yang masih sempit. Selain itu, kebersihan lingkungan objek wisata belum terjaga, serta lemahnya sistem administrasi dan pengawasan Dinas Pariwisata Kata kunci: kinerja, pengembangan objek wisata

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Public Sector Human Resource Management
Depositing User: Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP
Date Deposited: 30 Jun 2022 02:18
Last Modified: 30 Jun 2022 02:18
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10447

Actions (login required)

View Item View Item