MAULANA, ARIS (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (e-KTP) BERBASIS APLIKASI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SUKABUMI. Diploma thesis, IPDN.
|
Text
ARIS MAULANA (29.0633)_EFEKTIVITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (e-KTP) BERBASIS APLIKASI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SUKABUMI .pdf Download (416kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sukabumi telah menerapkan sistem e-KTP berbasis aplikasi, namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala. Oleh karena itu, diperlukan suatu analisis untuk mengetahui seberapa efektif pelayanan tersebut, serta apa saja hambatan dalam pelayanan tersebut dan upaya apa yang paling tepat untuk mengatasi kendala tersebut. Tujuan: untuk mengetahui efektivitas pelayanan e-KTP berbasis aplikasi, hambatan dan upaya mengatasi hambatan dalam pelayanan e-KTP berbasis aplikasi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sukabumi. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif, dimana penulis memperoleh data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari lima indikator pengukuran kualitas pelayanan administrasi kependudukan menurut teori Gibson dan Steers yaitu produktivitas, kualitas, efisiensi, fleksibilitas dan kepuasan sudah dilaksanakan dengan baik. Adapun hambatan dalam pelaksanaannya akan dijadikan bahan evaluasi dan akan terus ditingkatkan agar tercipta pelayanan yang baik. Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan e-KTP berbasis aplikasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi sudah terlaksana dengan baik, dilihat dari 5 indikator pengukuran kualitas pelayanan menurut Gibson and Steers. Hambatan yang terjadi pada saat pelaksanaa adalah timbulnya masalah pada jaringan dan server yang terpusat, tidak semua masyarakat memiliki gawai dan juga belum memahami prosedur terkait layanan e-KTP berbasis aplikasi. Penulis menyarankan agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi melakukan evaluasi sebelum dan sesudah pelayanan dilakukan serta pelayanan pengaduan yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat baik secara online maupun offline. Selain itu, melakukan inovasi terkait pelaksanaan penjemputan bagi masyarakat yang tidak mampu mengurus sendiri atau datang langsung ke kantor. Kata Kunci : Efektivitas, Kartu Tanda Penduduk Elektronik, Aplikasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 01:49 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 01:49 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10354 |
Actions (login required)
View Item |