Santoso, Edo Djati (2022) PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN PAJAK DAERAH MELALUI SISTEM APLIKASI MOBILE PAJAK DAERAH (SAMPADE) MASA PANDEMI COVID 19 PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA MALANG. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.
|
Text
repository Edo revisi 1 .pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Seiring munculnya Pandemi Corona Virus Disease 19 atau COVID19 banyak kebijakan pemerintah pusat dari menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga himbauan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk melakukan Work From Home (WFH) sehingga layanan pajak online yang telah diiniasi oleh Kota Malang melalui Badan Pendapatan Daerah yaitu Sistem Aplikasi Mobile Pajak Daerah (SAMPADE) telah menemukan momentum digunakan secara maksimal terhadap masyarakat dalam rangka mendorong disiplin wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Namun, di masa Pandemi Covid19 yang dimana harusnya menjadi momentum dalam penggunaan aplikasi SAMPADE terdapat adanya penurunan penerimaan Pendapatan Asli Daerah sektor pajak. Tujuan: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan prinsip good governance serta kendala dalam pengelolaan pajak daerah melalui Sistem Aplikasi Mobile Pajak Daerah (SAMPADE) di Kota Malang. Metode: Penelitian ini berdasarkan konsep Good Governance (UNDP, 2002) diantaranya memiliki 4 prinsip yang terkait dengan penelitian ini yaitu Partisipasi, Akuntabilitas, Responsivitas, dan Transparansi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yatu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Penulis menemukan bahwa penerapan prinsip good governance dalam pengelolaan pajak daerah melalui Sistem Aplikasi Mobile Pajak Daerah (SAMPADE) di Kota Malang belum mencapai titik optimal. Terlihat dengan adanya kendala berupa akuntabilitas yang belum sepenuhnya kepada masyarakat, kurangnya partisipasi masyarakat dalam penggunaan SAMPADE, dan responsivitas yang belum maksimal. Kesimpulan: Penerapan Prinsip Good Governance dalam Pengelolaan Pajak Daerah melalui Sistem Aplikasi Mobile Pajak Daerah (SAMPADE) di Kota Malang. Transparansi, Pada transparansi dalam penerapan good governance melalui SAMPADE sudah berjalan dengan baik. Dalam akuntabilitas aplikasi SAMPADE memiliki pertanggungjawaban kepada atasan serta masyarakat. Partisipasi dalam pelaksanaan aplikasi SAMPADE masih menunjukkan rendahnya minat masyarakat serta belum sesuai dengan yang diharapkan. Di masa pandemi COVID 19 harusnya menjadi momentum bagi aplikasi ini namun tidak menunjukkan penambahan pengguna yang signifikan. Responsivitas dalam pelaksanaan aplikasi SAMPADE kepada masyarakat belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Kata Kunci: Penerapan; Good Governance; SAMPADE; Covid19
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Faculty of Politics and Government > Applied Indonesian Politics |
Depositing User: | Politik Indonesia Terapan |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 08:14 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 08:14 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10304 |
Actions (login required)
View Item |