KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DINAS KEPEMUDAAN, OLAHRAGA, DAN PARIWISATA DALAM PENGELOLAAN OBJEK WISATA PANTAI TORONIPA DI KABUPATEN KONAWE PROVINSI SULAWESI TENGGARA

NOVRIYANTO, RYAN (2022) KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DINAS KEPEMUDAAN, OLAHRAGA, DAN PARIWISATA DALAM PENGELOLAAN OBJEK WISATA PANTAI TORONIPA DI KABUPATEN KONAWE PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
RYAN NOVRIYANTO_29.1620_Kinerja Aparatur Sipil Negara Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata dalam Pengeloaan Objek Wisata Pantai Toronipa di Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tengg.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Permasalahan (GAP): penulis berfokus pada permasalahan dimana pada tengah masa pandemi Covid-19 yakni di tahun 2020, jumlah kunjungan menurun derastis dikarenakan adanya Peraturan Gubernur Nomor 29 Tahun 2020 mengenai Pedoman Penerapan Disiplin serta Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Pencegahan serta Pengedalian Corona virus disease 2019 yang didalamnya terdapat hal-hal yang mengatur kegiatan warga ditengah pandemi covid-19 khususnya didalam berwisata. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk untuk menggambarkan tentang pengelolaan objek wisata Pantai Toronipa yang dilakukan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata, faktorfaktor penghambat dalam pengelolaan objek wisata Pantai Toronipa, dan upaya-upaya yang dilakukan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Konawe dalam mengatasi hambatan. Metode: Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil/Temuan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan objek wisata Pantai Toronipa yang dilakukan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata belum maksimal. Adapun beberapa faktor yang menjadi penghambat yaitu kepemilikan lahan, pembangunan fasilitas utama yang belum memadai, serta perilaku masyarakat dan pengunjung yang kurang baik. Upaya Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata adalah dengan melakukan pembangunan, perbaikan sarana dan prasarana serta fasilitas yang belum memadai, menata kebersihan lingkungan di onjek wisata, serta meningkatkan fungsi pengawasan dan pengendalian Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata. Kesimpulan: dari indikator kinerja yang dikemukakan oleh Sadu Wasistiono dkk (2002:48-49) dengan 4 dimensi yaitu Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, dan Responsibilitas terhadap pencapaian hasil kerja telah dilakukan tetapi belum mencapai target. Hal ini disebabkan karena kurangnya partisipasi masyarkat dan pengunjung dalam membantu pengelolaan dan pengembangan objek wisata . Kata Kunci: Aparatur Sipil Negara, Pengelolaan, dan Pariwisata

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:41
Last Modified: 27 Jun 2022 02:41
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10107

Actions (login required)

View Item View Item