Attawana, Arya Ramadhanu (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN JAKARTA LAPOR (JAKLAPOR) DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK PROVINSI DKI JAKARTA. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
|
Text
repos pak gub.pdf Download (324kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang efektivitas layanan Jakarta Lapor (JakLapor) di Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik di Provinsi DKI Jakarta. Jaklapor merupakan fitur praktis yang ada didalam aplikasi Jakarta Kini (JAKI) untuk melaporkan kendala kegiatan masyarakat sehari-hari. Fitur Jaklapor belum berjalan maksimal dikarenakan masih banyak keluhan dari masyarakat DKI Jakarta terkait User Privacy, User Friendly, serta rating aplikasi JAKI yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas, mendeskripsikan hambatan dan kendaIa, dan mendeskripsikan upaya yang diIakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi DKI Jakarta terhadap Iayanan JakLapor di Provinsi DKI Jakarta. Teori yang digunakan oleh penulis adalah teori efektivitas dari Steers (1985:208) yang terdiri dari 3 (tiga) dimensi yakni pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan analisis yang induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta menunjukkan bahwa layanan JakLapor belum efektif. Kesimpulan: Dapat disimpulkan dari ketidakefektivan tersebut adapun kendala yang menyebabkan belum berjalan efektifnya layanan JakLapor di Provinsi DKI Jakarta yaitu antara lain, masih terdapat ego sektoral pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah serta keamanan data pelapor yang kurang terjamin. Upaya yang dilakukan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta dalam menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menjamin kerahasiaan data pelapor, memanfaatkan berbagai media sosial untuk sosialisasi, dan melakukan rapat koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah terkait. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka penulis dapat menyarankan kepada Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta agar dapat meningkatkan popularitas layanan JakLapor dan melakukan evaluasi terkait keamanan data pelapor. Kata Kunci: JakLapor, Layanan Pengaduan Masyarakat, Efektivitas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 02:11 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 02:11 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10091 |
Actions (login required)
View Item |