RAHMAN, TAUFIK (2022) PELAKSANAAN SISTEM ELECTRONIC BUDGETING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN AKUNTABILITAS KEUANGAN DI BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH PROVINSI DKI JAKARTA. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.
|
Text
29.0614_TAUFIK RAHMAN_PELAKSANAAN SISTEM ELECTRONIC BUDGETING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN AKUNTABILITAS KEUANGANGAN DI BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH PROVINSI DKI JAKARTA.pdf Download (266kB) | Preview |
Abstract
Di era globalisasi dimana mekanisme dan sistem pengelolaan keuangan daerah, menuntut aparatur untuk dapat melakukan pelayanan publik dengan cepat dan tepat. Sehingga untuk mendukung pelaksanaannya diperlukan adanya sistem pengelolaan keuangan daearah berbasis teknologi agar terciptanya clean and clear governance. Dari deskripsi singkat diatas, maka penulis mengambil judul “Pelaksanaan Sistem Electronic Budgeting Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Akuntabilitas Keuangan DI Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi DKI Jakarta”. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem electronic budgeting di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi DKI Jakarta, faktor-faktor yang menghambat penerapan electronic budgeting, dan juga upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan induktif. Pengumpulan data/informasi dilakukan dengan teknik wawancara sebagai instrumen utama, kemudian dilengkapi dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, display data, serta verifikasi.. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan sistem electronic budgeting di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi DKI Jakarta sudah berjalan baik, hal tersebut dapat dibuktikan dalam membantu proses aktivitas anggaran dari mulai perencanaan, penganggaran, hingga pengendalian anggaran menjadi lebih cepat dan akuntabilitas. Kesimpulan: Dari hasil yang telah didapatkan dalam penelitian dapat disimpulkan mengenai sistem electronic budgeting guna peningkatan akuntabilitas keuangan berjalan lancar dan dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala diantaranya yaitu program atau perangkat lunak electronic budgeting yang cukup sulit dioperasikan, website electronic budgeting sulit diakses, serta Sumber Daya Manusia yang kurang teliti dan konsisten. Sedangkan upaya yang dilakukan dalam mengatasi hal tersebut adalah melakukan koordinasi dengan instansi terkait, melakukan konsultasi dengan konsultan electronic budgeting, serta memanfaatkan Sumber Daya Manusia yang ada. Kata kunci : Pelaksanaan sistem Electronic Budgeting, akuntabilitas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Goverment Management > Public Finance |
Depositing User: | Keuangan Publik FMP |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:58 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 02:58 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9064 |
Actions (login required)
View Item |