PENGAWASAN LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI LAYANAN JAKLAPOR DI PROVINSI DKI JAKARTA

Syaharani, Afra Dhiya (2022) PENGAWASAN LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI LAYANAN JAKLAPOR DI PROVINSI DKI JAKARTA. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
AFRA DHIYA SYAHARANI-29.0583-PENGAWASAN LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI LAYANAN JAKLAPOR DI PROVINSI DKI JAKARTA.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Kemudahan yang disediakan dengan terjadinya perkembangan TI dalam segala bidang mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk terus memberikan terobosan terbaru yang dapat digunakan oleh masyarakat Jakarta untuk membantu dan mempermudah pelayanan dalam segala aspek yang bersifat dinamis, terkhusus di bidang layanan pengaduan masyarakat yang terealisasikan dengan Layanan Jaklapor oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jakarta. Layanan Jaklapor telah berjalan dalam hitungan tahun namun, masih ditemukan kendala dalam penerapan layanan tersebut seperti kurang terjaminnya kerahasiaan identitas pelapor, ketepatan titik koordinat laporan dan kurangnya petugas yang turun ke lapangan. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana jalannya pengawasan layanan Jaklapor di Jakarta. Penelitian ini menggunakan teori indikator pengawasan milik Robbins dan Coulter. Metode: Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif untuk dapat menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta yang didapatkan di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil/Temuan: temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah layanan ini memberikan kemudahan dalam membantu pemerintah untuk menangani permasalan yang terjadi di Jakarta. Kesimpulan: Jaklapor juga meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah yang dibuktikan dengan banyaknya laporan yang diterima serta Jaklapor menjadi layanan pengaduan masyarakat yang paling digemari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 15 Jun 2022 08:37
Last Modified: 15 Jun 2022 08:37
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8158

Actions (login required)

View Item View Item