zesrelo purba, andro (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM ZONASI PENDIDIKAN DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI KECAMATAN PARMONANGAN KABUPATEN TAPANULI UTARA (STUDI DI SMP NEGERI 1 PARMONANGAN DAN SMP SWASTA SANTA MARIA PARMONANGAN). Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.
Text
RINGKASAN SKRIPSI PRAJA ANDRO ZESRELO PURBA_29.0086_IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM ZONASI PENDIDIKAN DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB).docx Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini mengangkat judul “Implementasi Program Sistem zonasi Pendidikan Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kecamatan Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara (Studi SMP Negeri 1 Parmonangan dan SMP Swasta Santa Maria Parmonangan)’’. Masalah yang dijumpai dari pelaksanaan kebijakan ini adalah kurangnya kejelasan dan konsistensi serta sarana pendukung dalam pelaksanaan kebijakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi, faktor penghambat dan pendukung, juga upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan Implementasi kebijakan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi dengan teknik analisis Kualitatif. Fokus penelitian ini menggunakan teori Edward III yang menjelaskan implementasi kebijakan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi dan Struktur Birokrasi. Berdasarkan hasil penelitian mununjukan bahwa Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam PPDB Jenjang SMP di kecamatan Parmonangan secara umum berjalan dengan baik, hal ini dilihat sudah cukup tercapainya standar dan tujuan dari kebijakan sistem zonasi ini. Peran Dinas Pendidikanlah melalui korwil bersama Satuan Pendidikan dalam melakukan koordinasi, sosialisasi dan musyawarah dengan masyarakat sehingga mereka mengerti bagaimana sitem zonasi ini dilakukan serta maksud dan tujuannya. Pandemi Covid-19 menjadi faktor penghambat yang membatasi aktivitas masyarakat dalam proses pelaksanaan PPDB, dan akses jaringan yang kurang memadai. Dukungan persepsi masyarakat, Komunikasi, Koordinasi yang baik, serta pemahaman yang baik dari aparatur pelaksana menjadi faktor yang mendukung. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan demi mewujudkan keberhasilan Implementasi kebijakan ini yaitu: Pemerintah menerapkan ketentuan protokol kesehatan yang tertuang dalam Lampiran V Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli utara Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Protokol Layanan Pendidikan Dan Sekolah Dalam Tatanan Normal Baru Produktif Dan Aman Dalam Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Utara T.P 2021/2022. Kata Kunci : Implementasi, Sistem Zonasi, PPDB
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Kebijakan Publik FPP |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 04:06 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 04:06 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/7224 |
Actions (login required)
View Item |