STRATEGI MEDIA CENTER KREATIF DALAM MENGOPTIMALKAN MANAJEMEN PENGADUAN MASYARAKAT DI KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA

Nalien, Elvira Mulya (2016) STRATEGI MEDIA CENTER KREATIF DALAM MENGOPTIMALKAN MANAJEMEN PENGADUAN MASYARAKAT DI KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA. JURNAL MANAJEMEN PEMERINTAHAN, 3 (1). pp. 1-84. ISSN 2407-6236

[img]
Preview
Text
JURNAL MP ELVIRA 2016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tulisan dengan judul Strategi Media Center Kreatif dalam Mengoptimalkan Manajemen Pengaduan Masyarakat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dilaksanakan untuk menjawab rumusan masalah yaitu untuk mengetahui serta memahami faktor pendukung dan penghambat internal maupun eksternal sehingga dapat dirumuskan suatu strategi melalui analisis SWOT yang dikonversi ke dalam Matriks SWOT dalam rangka mengoptimalkan manajemen pengaduan masyarakat di Kemen PAN dan RB. Tulisan ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dengan cara Wawancara Terstruktur, Observasi Moderat dan Studi Dokumentasi. Oleh sebab itu, instrument penelitan adalah Pedoman Wawancara, Pedoman Observasi dan Dokumentasi. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik snowball sampling. Hasil penulisan menunjukkan faktor pendukung internal manajemen pengaduan masyarakat di Kemen PAN dan RB lebih kepada kuatnya komitmen pimpinan untuk menuntaskan pengaduan masyarakat maksimal lima hari kerja, faktor pendukung eksternal lebih kepada kemitraan eksternal yang terjalin secara baik dan koordinatif. Sedangkan faktor penghambat internal lebih kepada belum ditetapkannya pejabat penghubung masing-masing unit kerja serta analis pengaduan masyarakat dan faktor penghambat eksternal lebih kepada tingginya tingkat eror pada sistem aplikasi serta gangguan virus dan hacker. Upaya dalam bentuk stategi yang dapat dilakukan dalam mengatasi hambatan adalah Penuntasan pengaduan dalam lima hari kerja berbasis teknologi dan kasih sayang demi mewujudkan akuntabilitas, transparansi dan partisipasi masyarakat, melaksanakan Program Capacity Building bagi seluruh pengelola Media Center Kreatif yang bekerja sama dengan pihak kemitraan eksternal Kemen PAN dan RB, memperbaharui security system pada fasilitas dan aplikasi pengaduan dalam rangka percepatan penyelesaian pengaduan masyarakat dan meningkatkan ekspektasi masyarakat agar sadar diri untuk melakukan pelaporan pengaduan melalui penguatan media sosialisasi berskala nasional.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Mrs. Elvira Mulya Nalien
Date Deposited: 22 Sep 2020 09:34
Last Modified: 22 Sep 2020 09:34
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/5647

Actions (login required)

View Item View Item