IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN KTP ELEKTRONIK DI KECAMATAN MEREK KABUPATEN KARO PROVINSI SUMATERA UTARA

LUMBAN GAOL, DEVI ELPINA BR (2019) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN KTP ELEKTRONIK DI KECAMATAN MEREK KABUPATEN KARO PROVINSI SUMATERA UTARA. Diploma thesis, institut pemerintahan dalam negeri.

[img] Text
ringkasan.docx

Download (52kB)

Abstract

ABSTRAK KTP Elektronik merupakan program nasional dalam bidang administrasi kependudukan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada tahun 2011. Program ini bertujuan untuk menanggulangi permasalahan dalam bidang administrasi kependudukan. Sebagai program baru, KTP Elektronik membutuhkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat agar dapat mencapi target yang telah ditetapkan. Namun dalam pelaksanaannya di Kecamatan Merek belum maksimal karena masih banyak masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik. Oleh sebab itu, penulis memilih judul “Implementasi Kebijakan pelayanan KTP elektronik di Kecamatan Merek Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara”. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Merek Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan induktif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara dilakukan melalui beberapa individu atau golongan yang terkait yaitu meliputi Camat dan Sekcam Merek, serta staf Kecamatan Merek dan petugas operator pelayanan KTP elektronik, dan beberapa masyarakat di Kecamatan Merek. Berdasarkan keadaan menunjukkan bahwa penerapan perekaman data KTP elektronik di Kecamatan Merek berjalan dengan baik. Namun pencapaian target tersebut belum dapat dikatakan berhasil sepenuhnya dikarenakan kurangnya sosialisasi yang diberikan oleh pemerintah tentang pentingnya KTP elektronik dan alat perekaman yang rusak serta perekaman harus dilakukan di Dinas kependudukan dan Catatan Sipil yang berada di Kabupaten. Penelitian ini diharapkan dapat diserahkan kepada Kecamatan Merek sebagai bahan evaluasi pemerintah agar dapat digunakan sebagai motivasi untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan terhadap masyarakat. Dalam laporan akhir ini pemulis memberikan saran , diantaranya kepada perangkat Kecamatan Merek agar melaporkan dan memperbaiki alat perekaman yang rusak agar masyarakat dapat melaksanakan perekaman data dalam penerapan KTP elektronik dengan baik. Kata Kunci : Implementasi, Pelayanan Publik , e-KTP ABSTRACT Electronic ID CARD is a national program in the field of the administration of the settlement issued by the Interior Ministry of the Republic of Indonesia in 2011. The program aims to tackle problems in the field of the administration of the settlement. As a new program, the electronic ID CARD need maximum service to the community in order to be passed, a target that has been set. But in its implementation in the Merek subdistrict hasn't been fullest because there are still many communities that do not have an electronic ID CARD. Therefore, the author chose the title "Implementation of the Policy Ministry of the electronic ID CARD services in Merek Subdistrict, Karo Regency of North Sumatra Province". This research was conducted in Merek Subdistrict of Karo Regency of North Sumatra. The research was carried out using descriptive method with inductive approach. Data collected through interviews, observation and documentation. The interview was conducted through some individual or group related, subdistrict Head and Secretary the Head of Merek Subdistrict and as well as staff officer electronic ID CARD service operators, and some communities in the Merek subdistrict . Based on the circumstances show that the application of the electronic ID CARD data recording in Merek subdistrict goes well. However, the achievement of these targets can be said to be fully successful due to the lack of socialization which is given by the Government about the importance of the electronic ID CARD and recording tools are broken and the recording should be done in the service of Civil Records residence and residing in the County. This research is expected to be handed over to the Merek subdistrict as material evaluation of the Government so that it can be used as a motivation to improve quality and service to the community. In this final report, including pemulis give advice to Sub district in order to report on and repair the damaged recording tool so that the public can carry out the recording of data in the application of the electronic ID CARD to good use. Keyword : Implementation, Public Service, electronic ID CARD

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Kelas F3 Politik Pemerintahan
Date Deposited: 19 Jul 2019 06:57
Last Modified: 19 Jul 2019 06:57
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/4118

Actions (login required)

View Item View Item