Dampak Investasi Asing terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau

Kurniawan, Muhammad (2023) Dampak Investasi Asing terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img] Text
30.0281_Muhammad Kurniawan_Dampak Investasi Asing terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kota Batam memiliki wilayah strategis yang berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Oleh sebab itu, Kota Batam menarik minat investor untuk menanamkan modal yang diharapkan dapat mendongkrak atau berdampak kepada ekonomi masyarakat. Namun, terdapat beberapa permasalahan yang terjadi yakni masih tinggi nya tingkat pengangguran serta kurangnya keterampilan masyarakat dalam hal pekerjaan. Tujuan dilakukan riset terapan pemerintahan ini untuk mengetahui dampak investasi asing terhadap ekonomi masyarakat lokal di Kota Batam Melalui Direktorat Pelayananan Lalu Lintas Dagang dan Penanaman Modal BP Batam, serta menemukan upaya yang dilakukan BP Batam atau Pemerintah Kota Batam untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Selanjutnya, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. untuk menganalisa data, peneliti menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dampak investasi asing terhadap ekonomi masyarakat lokal di Kota Batam sudah berjalan dengan baik dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Namun, terdapat tingkat persentase pengangguran masih tinggi di bandingan daerah lain di provinsi kepulauan riau dilihat dari jumlah lapangan pekerjaan dengan jumlah penduduk. Kesimpulan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah Menyediakan akses dan infrastruktur yang memadai, memberikan insentif, memfasilitasi pelatihan, dan mempercepat proses perizinan dan meningkatkan kualitas hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Public Policy Studies
Depositing User: Kebijakan Pemerintahan FPP
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:26
Last Modified: 01 Aug 2023 08:26
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/16233

Actions (login required)

View Item View Item