PERAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM PENANGGULANGAN BENCANA TANAH LONGSOR DI KABUPATEN BELU PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Atamukin, Yohanes Grace Milenium (2022) PERAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM PENANGGULANGAN BENCANA TANAH LONGSOR DI KABUPATEN BELU PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
MINI SKRIPSI.pdf

Download (589kB) | Preview

Abstract

Problem/Background (GAP): Kabupaten Belu memiliki hampir semua wilayah yang rawan akan terjadinya bencana tanah longsor dikarenakan struktur dan morfologi tanah yang rentan terhadap longsor. Dampak bencana tanah longsor yang begitu merugikan mengharuskan pemerintah dalam hal ini BPBD Kabupaten Belu memainkan perannya sebagai tangan pemerintah dalam urusan penanggulangan bencana. Hal tersebut menarik penulis untuk memilih judul: “PERAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM PENANGGULANGAN BENCANA TANAH LONGSOR DI KABUPATEN BELU PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR”. Tujuan: Tujuan Penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran yang dilakukan BPBD dalam penanggulangan bencana tanah longsor, faktor penghambat, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam menanggulangi bencana tanah longsor di Kabupaten Belu. Metode: Metode dalam penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik Pengumpulan data adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa peran BPBD Kabupaten Belu dalam penanggulangan bencana tanah longsor sudah berjalan baik. Namun masih mengalami kendala seperti kurangnya personil dan kemampuan kebencanaan yang minim, kurangnya dukungan dana dan kurangnya penguasaan terhadap IT. Namun, hal ini dapat diatasi dengan komitmen yang kuat serta kerjasama eksternal kelembagaan dengan instansi terkait penanggulangan bencana yang terjalin baik. Kesimpulan: Penulis merekomendasikan agar melakukan riset dan pelatihan dalam pengelolaan sumber daya manusia yang ada guna meningkatkan mutu pegawai BPBD yang lebih berkualitas dan berkompeten dalam bidang kebencanaan secara spesifik dan penguasaan terhadap IT (Information Technology), serta memenuhi kebutuhan data-data dan informasi bencana secara akurat dan terintegrasi dalam rangka merencanakan rencana aksi penanggulangan bencana yang tepat, sehingga mampu mengupayakan dukungan dana penanggulangan bencana yang memadai. Kata Kunci: Peran, Penanggulangan Bencana, Tanah Longsor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Goverment Management > Safety Management and Public Security
Depositing User: Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik FPM
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:01
Last Modified: 27 Jul 2022 06:01
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11851

Actions (login required)

View Item View Item