KOLABORASI SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DENGAN DINAS SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN GELANDANGAN DAN PENGEMIS DI KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR

PASARIBU, CHARLES IRVING CHRISTIAN (2022) KOLABORASI SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DENGAN DINAS SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN GELANDANGAN DAN PENGEMIS DI KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Repo-Charles Irving C. Pasaribu.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “KOLABORASI SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DENGAN DINAS SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN GELANDANGAN DAN PENGEMIS DI KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR”. Latar belakang penulis mengambil judul tersebut adalah meningkatnya jumlah gelandangan dan pengemis di Kabupaten Kotawaringin Timur khususnya di Kota Sampit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan komponen kolaborasi organisasi yang dilaksanakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja dengan Dinas Sosial dalam pemberdayaan gelandangan dan pengemis di Kabupaten Kotawaringin Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian (1) Penelitian menunjukkan bahwa komponen kolaborasi diantaranya: Dialog tatap-muka yang dilakukan seperti pertemuan atau rapat belum berjalan dengan baik karena banyak yang tidak hadir. Membangun kepercayaan dalam menyampaikan pendapat serta saling membantu dan mematuhi segala aturan yang telah disepakati. Komitmen pada proses kolaborasi dimana setiap instansi yang terlibat mampu bertanggung jawab pada tugas dan kewajibannya. Pemahaman bersama, walaupun visi dan misi tidak sama tetapi memiliki tujuan yang sama. Dampak sementara telah mengalami peningkatan terhadap pemberdayaan gelandangan dan pengemis melalui beberapa program. (2) Faktor pendukung komponen kolaborasi yaitu adanya kebijakan tentang penanganan gelandangan dan pengemis, pemberian bantuan dan pelatihan dan adanya komitmen yang kuat, sedangkan faktor penghambat komponen kolaborasi yaitu kurangnya jumlah sumber daya manusia dari setiap instansi yang terlibat serta anggaran yang kurang mencukupi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Politics and Government > Governance Policing Practice
Depositing User: Praktik Perpolisian Tata Pamong FPM
Date Deposited: 14 Jul 2022 06:51
Last Modified: 14 Jul 2022 06:51
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11245

Actions (login required)

View Item View Item