PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI INOVASI PROGRAM DESA WISATA DI KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR SUMATERA SELATAN

Syazia, Shelbiyah (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI INOVASI PROGRAM DESA WISATA DI KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY SHELBIYAH SYAZIA.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP) : Desa wisata merupakan inovasi untuk mengatasi permasalahan kemiskinan melalui pemanfaatan potensi wisata yang ada. Tujuan : Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan masyarakat di Desa Wisata Burai dan apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaannya, Mengukur keberhasilan proses pemberdayaan masyarakat melalui program desa wisata dalam penelitian ini dikaji menggunakan teori pemberdayaan menurut Wrihatnolo yang tahap penyadaran, tahap pengkapasitasan, dan tahap pendayaan. Pihak yang terlibat dalam pengembangan wisata antara lain Pokdarwis Burai , Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, Pemerintah Desa Burai, serta Pihak swasta. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan berjenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di Desa Burai Kabupaten Ogan Ilir. Pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder dengan mencari informasi melalui wawancara pada narasumber, observasi lapangan serta data-data dokumen. Hasil/Temuan : pada penelitian ini menjelaskan bahwapada pelaksanaan pemberdayaan masyarakat di Desa Wisata Burai mengalami beberapa permasalahan, sumberdaya manusia yang belum memadai seteta fasilitas pendukung dan akses yang belum sesuai dengan standar pengadaan desa wisata . Kesimpulan : Hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa proses pemberdayaan dilakukan dengan tahap tiga dimensi yaitu penyadaran, pengkapasitasan dan pendayaan. Pertama, pada dimensi penyadaran, dimana masyarakat diberikan edukasi tentang pentingnya pemahaman masa depan individu.. Kedua, dimensi pengkapasitasan dilaksanakan dengan pelatihan peningkatan kemampuan berupa life skill, soft skill, dan hard skill. Ketiga, pada dimensi pendayaan dimana masyarakat diberi peluang sesuai kapasistas dan kapabilitas masing-masing. Kata kunci : desa, masyarakat , miskin, pemberdayaan, wisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 05 Jul 2022 08:11
Last Modified: 05 Jul 2022 08:11
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10759

Actions (login required)

View Item View Item