KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN PINRANG PROVINSI SULAWESI SELATAN

As-siddiq, Mohammad Hasbi (2022) KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN PINRANG PROVINSI SULAWESI SELATAN. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
F2-Keuangan Publik-29.1396-Mohammad Hasbi As-Siddiq.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan pemerintah daerah terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah pada masa pandemi COVID-19, hambatan yang dialami dalam pelaksanaannya dan upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Pinrang untuk menangani hambatan yang ada. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif desktriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi.Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan teori Mahmudi (2016) yang peneliti pakai dalam menganalisis kinerja keuangan masih belum bisa dikatakan baik, dikarenakan banyak indikator dari dimensi yang ada tidak terpenuhi dengan baik, antara lain disebabkan oleh sumber daya manusia yang kurang berkompetensi, rendahnya pendapatan daerah, kurang optimalnya belanja daerah dan terjadinya kesalahan pada aplikasi SIMDA. Dari hambatan tersebut maka dari itu pemerintah mengusahakan upaya yang diambil diantaranya pengoptimalan intensifikasi dan ekstensifikasi pajak dan meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia. Saran yang dapat penulis berikan yaitu untuk lebih ditingkatkan penataan dan penyesuaian maupun sensus yang optimal dalam menggali potensi daerah yang ada, lebih proporsional di dalam mengalokasikan belanjanya dengan mengurangi belanja operasional dan meningkatkan belanja modal, Menempatkan tenaga operator ataupun pegawai yang berkompeten dalam menggunakan SIMDA, melakukan intensifikasi dengan meningkatkan jumlah wajib pajak dan wajib retribusi serta ekstensifikasi dengan bekerja sama di bidang investasi dengan menyediakan sewa alat dan penyertaan modal di pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Faculty of Goverment Management > Public Finance
Depositing User: Keuangan Publik FMP
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:56
Last Modified: 18 Jul 2022 06:56
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10482

Actions (login required)

View Item View Item