PEMBERDAYAAN UMKM ANDALIMAN MANGINTIR MELALUI DIGITAL MARKETING GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ANDALIMAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN TOBA PROVINSI SUMATERA UTARA

Simanjuntak, H Sovia N, Sovia PEMBERDAYAAN UMKM ANDALIMAN MANGINTIR MELALUI DIGITAL MARKETING GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ANDALIMAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN TOBA PROVINSI SUMATERA UTARA. PEMBERDAYAAN UMKM ANDALIMAN MANGINTIR MELALUI DIGITAL MARKETING GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ANDALIMAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN TOBA PROVINSI SUMATERA UTARA. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Ringkasan Skripsi (H. Sovia N. Simanjuntak_29.0116_C4).pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan pemberdayaan UMKM Andaliman Mangintir melalui digital marketing yang berasal dari adanya pandemi Covid-19 yang mengakibatkan penurunan omzet pada UMKM tersebut dan kurangnya pemahaman pelaku usaha untuk menjual produknya secara online. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dan faktor penghambat dalam pemberdayaan UMKM Andaliman Mangintir guna meningkatkan produktivitas andaliman pada masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif dengan pendekatan induktif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi serta dianalisa dengan melakukan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu adanya faktor yang mendukung proses pemberdayaan melalui digital marketing dalam memulihkan kondisi ekonomi UMKM Andaliman Mangintir untuk bertahan dalam kondisi pandemi ini seperti dukungan dari berbagai pihak serta kemauan pelaku usaha untuk selalu menambah variasi produknya agar lebih menarik. Kesimpulan: Pemberdayaan UMKM Andaliman Mangintir melalui digital marketing di Kabupaten Toba sudah berjalan namun belum maksimal. Hal ini didasari karena masih terdapat kekurangan mulai dari kurangnya rasa percaya diri pelaku usaha, keterampilan, pengetahuan, serta sikap kerja professional pelaku usaha UMKM Andaliman Mangintir dalam meningkatkan produktivitas andaliman melalui digital marketing. Faktor penghambat dalam pemberdayaan UMKM Andaliman Mangintir melalui digital marketing yaitu, kurangnya ketekunan dan jumlah sumber daya manusia dalam mempelajari kembali setiap pelatihan digital marketing untuk meningkatkan produktivitas andaliman. Kata kunci: Pemberdayaan Berbasis Komunitas; UMKM; Digital Marketing; Andaliman

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Community Economic and Rural Development
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 08 Jul 2022 07:59
Last Modified: 08 Jul 2022 07:59
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9951

Actions (login required)

View Item View Item