EFEKTIVITAS APLIKASI SP4N LAPOR (SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL) DALAM PENGELOLAAN PENGADUAN MASYARAKAT DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN TANGERANG PROVINSI BANTEN

YULIANTO, MUHAMAD RIZAL (0022) EFEKTIVITAS APLIKASI SP4N LAPOR (SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL) DALAM PENGELOLAAN PENGADUAN MASYARAKAT DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN TANGERANG PROVINSI BANTEN. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY-MUHAMAD RIZAL YULIANTO-290738-D3.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pada era revolusi industri 4.0 hampir seluruh sektor kehidupan mengalami digitalisasi, salah satu contohnya pada sektor pelayanan publik. Dalam sektor pemerintahan, pelayanan yang dilakukan tidak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat saja, namun megelola pengaduan juga termasuk dalam pelayanan publik. SP4N LAPOR merupakan aplikasi pengaduan yang dibuat untuk mewadahi masyarakat dalam melaporkan setiap kejadian atau peristiwa dalam pelayanan publik. Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan pada pembahasan pengelolaan pengaduan melalui SP4N LAPOR yang bertujuan utnuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengelolaan pengaduan yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif metode deskriptif dan pendekatan induktif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara, observasi secara langsung, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, penulis menemukan bahwa efektivitas aplikasi SP4N LAPOR dalam pengelolaan pengaduan masyarakat telah terlaksana sesuai dengan teori, nemun masih ada beberapa kekurangan seperti sumber daya manusia yang kurang, kurangnya infrasturktur berupa ruangan khusus operator dan administrator SP4N LAPOR, respon dan tindak lanjut pengaduan yang lambat oleh perangkat daerah terkait, dan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terkat adanya aplikasi pengaduan yaitu SP4N LAPOR. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis memberikan saran diantaranya: lebih mengoptimalkan pelatihan dan penambahan pegawai khusus administrator SP4N LAPOR baik di Dinas Komunikasi dan Informatika maupun di Perangkat Daerah lain, lebih mensosialisasikan lagi kepada masyarakat terkait SP4N LAPOR, menambah jumlah sarana dan prasarana penunjang pengelolaan pengaduan, dan Penegakkan SOP yang telah dibuat. Kata Kunci: Efektivitas, SP4N LAPOR, Pengelolaan, Pengaduan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Local Government Administration
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:02
Last Modified: 23 Jun 2022 03:02
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9901

Actions (login required)

View Item View Item