EVALUASI PENERAPAN LAYANAN APLIKASI REAKSI ATAS BERITA WARGA (RABEG) DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA SERANG PROVINSI BANTEN

Febratama, Dava (2022) EVALUASI PENERAPAN LAYANAN APLIKASI REAKSI ATAS BERITA WARGA (RABEG) DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA SERANG PROVINSI BANTEN. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI DAVA.pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK (in bahasa) Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Dengan adanya penerapan electronic-government (e-Gov). Pemerintah Kota Serang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang telah meluncurkan aplikasi RABEG (Reaksi Atas Berita Warga) sebagai sarana pengaduan masyarakat dalam memajukan Kota Serang. Tujuan: untuk mengetahui dan menganalisis penerapan layanan aplikasi RABEG oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang. Metode: Dalam penelitian ini menggunakan teori model Sistem Informasi menurut O’Brien (Sumber Daya Manusia, Perangkat Keras, Perangkat Lunak, Data dan Jaringan Komunikasi). Metode penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan studi dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data, menggunakan triangulasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian diketahui bahwa Layanan Aplikasi RABEG belum berjalan dengan optimal, dikarenakan kurang responsif nya operator dalam merespon pertanyaan dan menindaklanjuti keluhan, kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya sarjana komputer dan kurang akses jaringan internet yang menyeluruh dalam menerapkan layanan aplikasi RABEG Kesimpulan: Penelitian yang berjudul Evaluasi Penerapan Layanan Aplikasi Reaksi Atas Berita Warga (RABEG) Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Serang Provinsi Banten peneliti menemukan belum berjalan dengan optimal hal ini dilihat dari operator layanan yang lamban merespon keluhan warga, perlu dilakukan pengajuan tenaga dengan kompetensi dan keahlian di bidang komputer khususnya sarjana komputer. Selain itu perlu menambah sarana dan prasarana seperti komputer dan jaringan internet. Perlu meningkatkan software aplikasi sehingga masyarakat dapat dengan mudah menggunakan layanan aduan aplikasi RABEG. Kata kunci: Evaluasi, Aduan, Aplikasi RABEG

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:42
Last Modified: 22 Jun 2022 04:42
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9874

Actions (login required)

View Item View Item