EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN BERBASIS ONLINE DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN FAKFAK PROVINSI PAPUA BARAT

Warjukur, Vanencia Penina Fransina (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN BERBASIS ONLINE DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN FAKFAK PROVINSI PAPUA BARAT. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
VANENCIA P F WARJUKUR_291917_EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN BERBASIS ONLINE DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN FAKFAK PROVINSI PAPUA BARAT.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penerapan pelayanan perizinan berbasis online di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Fakfak menjadi salah satu bentuk dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guna menciptakan masyarakat berbasis informasi yang telah diterapkan sejak tahun 2019. Akan tetapi, pada tahun pertama permasalahan yang terjadi adalah penurunan penerbitan surat izin, hal ini disebabkan oleh beberapa kendala yang sering terjadi di DPMPTSP yakni terjadinya pemadaman lampu secara bergiliran dan mayoritas masyarakat terutama orang Papua asli yang belum mengerti tentang pengurusan perizinan secara online. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelayanan perizinan berbasis online di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Fakfak. Guna mengetahui tujuan tersebut digunakan teori efektivitas menurut Duncan dengan 3 (tiga) dimensi yaitu Pencapaian Tujuan, Integrasi dan Adaptasi. Metode: Metode yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif induktif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pelayanan perizinan berbasis online di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Fakfak sudah efektif. Meskipun, jumlah pelatihan dan bimbingan teknis masih dikatakan cukup dan kondisi alam yang sering menyebabkan terhambatnya pelayanan. Kesimpulan dan Saran: Pelayanan perizinan berbasis online tersebut sudah efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil 3 (tiga) dimensi yang digunakan untuk mengukur efektivitas pelayanan tersebut sudahlah sesuai. Guna meningkatkan pelayanan perizinan online ini, disarankan untuk mengadakan lebih banyak lagi pelatihan dan bimbingan teknis bagi para pegawai perizinan serta pemasangan penangkal petir, pengadaan generator pembangkit listrik dan peningkatan kualitas serta kekuatan jaringan internet melalui kerjasama dengan PT Telkom. Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Perizinan Online, DPMPTSP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:24
Last Modified: 27 Jun 2022 08:24
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9751

Actions (login required)

View Item View Item