PENGARUH TINGKAT KEMATANGAN SISTEM TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA TATA NASKAH DINAS ELEKTRONIK (Studi Kasus Pada Instansi Pemerintah Kabupaten Banjarnegara)

Alifiana, Anggita (2022) PENGARUH TINGKAT KEMATANGAN SISTEM TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA TATA NASKAH DINAS ELEKTRONIK (Studi Kasus Pada Instansi Pemerintah Kabupaten Banjarnegara). Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI PRAJA Anggita Alifiana_29.0770_Pengaruh Tingkat Kematangan Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna Tata Naskah Dinas Elektronik (1).pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

PENGARUH TINGKAT KEMATANGAN SISTEM TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA TATA NASKAH DINAS ELEKTRONIK (Studi Empiris Pada Instansi Pemerintah Kabupaten Banjarnegara) OLEH : ANGGITA ALIFIANA ABSTRAK Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di setiap instansi pemerintah sangat diperlukan dalam rangka menyelenggarakan pemerintahan berkualitas yang berbasis teknologi. Salah satu aspek dalam penyelenggaraan SPBE adalah layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik untuk mewujudkan tertib administrasi yang tepat guna, efektif dan efisien di Banjarnegara melalui aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh layanan informasi statis, layanan informasi interaksi, layanan transaksional dan layanan terintegrasi baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pengguna TNDE di Kabupaten Banjarnegara. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner tertutup. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Seluruh data yang digunakan akan dianalisis dan diolah menggunakan Software Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 25. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat dua variabel yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, yaitu Layanan Informasi Statis dan Layanan Terintegrasi sehingga perlu dilakukan perbaikan yang mencakup menu beranda, profil, prosedur penggunaan, dan arsip. Peningkatan yang dilakukan dapat berupa upgrade desain yang lebih menarik, interaktif dan user friendly bagi pengguna TNDE. Selain itu upgrade aplikasi secara bertahap diperlukan untuk meningkatkan kinerja pegawai supaya lebih efektif dan efisien dengan aplikasi berbasis one single window. Kata Kunci : Kematangan Sistem, Tata Naskah Dinas Elektronik, Pemerintah THE EFFECT OF THE SYSTEM MATURITY LEVEL ON USER ELECTRONIC SERVICE MANUSCRIPTS SATISFACTION (Empirical Study at Banjarnegara District Government Agencies) BY : ANGGITA ALIFIANA ABSTRACT The implementation of the Electronic-Based Government System (SPBE) in every government agency is very necessary in the context of implementing technology-based quality government. One aspect of implementing SPBE is an electronic-based government administration service to realize an efficient, effective and efficient administrative order in Banjarnegara through the Electronic Service Manuscripts (TNDE) application. The purpose of this study was to analyze and describe the effect of static information services, interaction information services, transactional services and integrated services either partially or simultaneously on the satisfaction of Electronic Office users in Banjarnegara Regency. The research method uses descriptive quantitative. Sources of data obtained from data collection using a closed questionnaire technique. The data analysis technique used by the researcher is descriptive statistics and inferential statistics. All data used will be analyzed and processed using Software Statistical Product and Service Solution (SPSS) Version 25. The results of the study explain that there are two variables that have no effect on user satisfaction, namely Static Information Services and Integrated Services so that improvements need to be made which include the homepage menu, profiles, usage procedures, and archives. Improvements made can be in the form of design upgrades that are more attractive, interactive and user friendly for TNDE users. Improvements needed can be upgrade the application gradually to improve employee performance to be more effective and efficient with a single window based application. Keywords : Maturity System, Electronic Service Manuscripts, Government

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:29
Last Modified: 30 Jun 2022 04:29
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9645

Actions (login required)

View Item View Item