TRANSPARANSI PELAYANAN DALAM PEMBUATAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN TAKALAR

AL HABIB, ANNAN BAHNUR (2022) TRANSPARANSI PELAYANAN DALAM PEMBUATAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN TAKALAR. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
D3-ANNAN BAHNUR AL HABIB-REPOSITORY.pdf

Download (982kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem statement/Background (GAP): The researcher focuses on the problems that arise from the absence of clear service transparency related to the costs and time in making a trading business license. DPMPTSP Takalar Regency as a forum for providing licensing services, especially in making SIUP, is expected to be able to pay close attention to the transparency of its services as a manifestation of the principle of good governance. Purpose: The purpose of this study was to determine the transparency of DPMPTSP services in making SIUP in Takalar Regency and to find out what factors were the inhibiting and supporting factors and the efforts made by Takalar Regency DPMPTSP related to the transparency of these services. Method: The research method used is descriptive qualitative research method with an inductive approach. Data collection techniques were carried out by direct interviews (informants using purposive sampling and snowball sampling), observation and documentation. Result: Findings from service transparency in making SIUP carried out by DPMPTSP Takalar Regency, which can be considered good, although problems are still found in terms of the issuance time that is not in accordance with the stipulated time. The regulations and procedures that have been implemented have also been running according to the SOPs that have been set but are not yet optimal in terms of the implementation of the official apparatus and also the ease of obtaining this information is still having problems because the official website of the service has not yet been repaired, so the information contained in it has not been updated. Conclusion: Transparency of services in making SIUP at DPMPTSP Takalar Regency as a whole has been carried out well according to the applicable SOP, although there are still some problems in its implementation. In order to improve existing problems and improve service transparency in making SIUP, the researchers suggest that it is necessary to conduct a performance evaluation of the official apparatus so that they can carry out all procedures in accordance with the SOPs set and reactivate the official website of the Takalar Regency DPMPTSP because it can make it easier for the public to access everything information. Keywords: Transparency, Public Service, DPMPTSP Takalar Regency, Making SIUP ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Peneliti berfokus pada permasalahan yang timbul dari tidak adanya transparansi pelayanan yang jelas terkait biaya dan waktu dalam melakukan pembuatan surat izin usaha perdagangan. DPMPTSP Kabupaten Takalar sebagai wadah dalam penyelenggaran pelayanan perizinan khususnya dalam pembuatan SIUP diharapkan mampu memperhatikan dengan baik terkait transparansi pelayananannya sebgai wujud dari asas pemerintahan yang baik. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui transparansi pelayanan dalam pembuatan SIUP di DPMPTSP Kabupaten Takalar dan mengetahui faktor apa saja yang menjadi pengahambat dan pendukungnya serta upaya yang dilakukan oleh DPMPTSP Kabupaten Takalar terkait transparansi pelayanan tersebut. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara langsung (informan secara purpossive sampling dan snowball sampling), observasi dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan dari transparansi pelayanan dalam pembuatan SIUP yang dilakukan DPMPTSP Kabupaten Takalar yaitu dapat dinilai baik walaupun masih ditemukan masalah pada segi waktu penerbitan yang tidak sesuai dengan yang ditetapkan. Peraturan dan prosedur yang terapkan juga sudah berjalan sesuai SOP yang sudah ditetapkan namun belum optimal dari segi pelaksanaan dari perangkat dinasnya serta juga kemudahan dalam memperoleh informasi ini masih mengalami masalah karena situs resmi dari dinas tersebut belum ada perbaikan, sehingga informasi yang ada didalam belum diperbaharui. Kesimpulan: Transparansi pelayanan dalam pembuatan SIUP di DPMPTSP Kabupaten Takalar secara keseluruan sudah terlaksana dengan baik sesuai SOP yang berlaku walaupun masih ditemukan beberapa permasalahan dalam pelaksanaanya. Guna memperbaiki permasalahan yang ada serta meningkatkan tranparansi pelayanan dalam pembuatan SIUP, peneliti memberi saran yaitu perlu diadakan evaluasi kinerja terhadap perangkat dinas agar dapat melaksanakan segala prosedur sesuai dengan SOP yang ditetapkan serta di aktifkannya kembali situs resmi DPMPTSP Kabupaten Takalar karena dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses segala informasi. Kata kunci: Transparansi, Pelayanan Publik, DPMPTSP Kabupaten Takalar, Pembuatan SIUP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Local Government Administration
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:41
Last Modified: 21 Jun 2022 06:41
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9637

Actions (login required)

View Item View Item