EFEKTIVITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKANBANGUNAN MELALUI APLIKASI SICANTIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN TULANG BAWANG PROVINSI LAMPUNG

ganie, herly mentari (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKANBANGUNAN MELALUI APLIKASI SICANTIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN TULANG BAWANG PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
HERLY MENTARI GANIE_29.0543_EFEKTIVITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN MELALUI APLIKASI SICANTIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN TULANG BAWANG PROVINSI LAMPUNG.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang: Pelayanan merupakan pertolongan atau bantuan yang dibutuhkan oleh seseorang karena dengan bantuan tersebut dapat membantu orang lain untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi. Pelayanan Publik yang dimaksud ialah suatu aktivitas yang wajib dijalankan oleh seseorang dan/atau organisasi yang mana kegiatan tersebut untuk memenuhi kebutuhan warga negaranya. Tujuan: Tujuan dari penelitian dan magang riset terapan pemerintah ini yaitu untuk 1 mengetahui efektivitas pelayanan izin mendirikan bangunan melalui aplikasi cerdas layanan perizinan terpadu untuk publik (SICANTIK) dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi serta menganalisis upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala terhadap efektivitas pelayanan izin mendirikan bangunan melalui aplikasi cerdas layanan perizinan terpadu untuk publik (SICANTIK) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Metode: Penelitian ini menggunakan metode campuran dan analisis tahap partisipasi menurut Analisis ASOCA oleh Prof. Ermaya Suradinata dan Teori Efektivitas oleh Duncan dalam Indrawijaya. Hasil/Temuan: Hasil dari pelaksanaan penelitian ini menunjukkan efektivitas pelayanan izin mendirikanbangunan melalui aplikasi sicantik pada dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung sudah berjalan dengan efektif namun, masih terdapat sedikit kendala dalam pelaksanaannya. Hal ini dikarenakan masih terdapat adanya permasalahan di bagian kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat dan sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti internet/server yang sering down. Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kecanggihan yang ada di DPMPTSP Kabupaten Tulang Bawang serta sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti internet/server yang sering down. Kesimpulan: pada penelitian ini efektivitas pelayanan izin mendirikanbangunan melalui aplikasi sicantik berjalan dengan efektif dengan masih terdapat permasalahan yang dihadapi tetapi permasalahn tersebut telah teratasi melalui upaya yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung pada efektivitas Pelayanan. Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan, Perizinan, Aplikasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:06
Last Modified: 20 Jun 2022 03:06
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9603

Actions (login required)

View Item View Item