EFEKTIVITAS PELAYANAN AKTA KEMATIAN MELALUI APLIKASI SELESAI DALAM GENGGAMAN (SALAMAN) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT

ENRICO, LAMSIHAR JOHN (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN AKTA KEMATIAN MELALUI APLIKASI SELESAI DALAM GENGGAMAN (SALAMAN) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
LAMSIHAR JOHN ENRICO_29.0669_EFEKTIVITAS PELAYANAN AKTA KEMATIAN MELALUI APLIKASI SELESAI DALAM GENGGAMAN (SALAMAN) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): (Berisi background yang melatarbelakangi penelitian). Salaman merupakan aplikasi pemberi layanan online pengajuan Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Identitas Anak (KIA), dan Surat Pindah Keluar yang diterbitkan guna memudahkan masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan serta membuat pelayanan semakin efektif dan efisien di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung.Tujuan: untuk mengetahui efektivitas pelayanan Akta Kematian melalui aplikasi Salaman, hambatan serta upaya mengatasi hambatan dalam pelayanan Akta Kematian melalui aplikasi Salaman di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif, dimana penulis memperoleh data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan Akta Kematian melalui aplikasi Salaman sudah berjalan efektif dalam indikator menurut teori efektivitas menurut Steers (1997) dalam Sutrisno (2011: 149) produksi, efisiensi, kepuasan, adaptasi dan perkembangan. Hambatan dalam pelaksanaan dijadikan sebagai bahan evaluasi dan akan terus di benahi demi terwujudnya pelayanan yang baik. Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan Akta Kematian melalui aplikasi Salaman sudah berjalan efektif dalam indikator produksi, efisiensi, kepuasan, dan adaptasi. Perlu ditingkatkan secara berkala pada indikator perkembangan dan terdapat hambatan yang berkaitan dengan sarana dan prasarana, ketidaktahuan masyarakat mengenai aplikasi Salaman dan masyarakat yang belum melek akan teknologi. Penulis menyarankan agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung lebih mengembangkan inovasi pelayanan pada aplikasi Salaman, memperbaharui sarana dan prasarana secara berkala, serta lebih aktif dalam berkoordinasi dengan operator pusat dan mensosialisasikan inovasi pelayanan kepada masyarakat. Kata kunci: Efektivitas Pelayanan, Akta Kematian, Aplikasi Salaman

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:33
Last Modified: 21 Jun 2022 06:33
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9539

Actions (login required)

View Item View Item