EFEKTIVITAS PROGRAM SEKOLAH AMAN BENCANA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA DI KABUPATEN FAKFAK PROVINSI PAPUA BARAT

UTAMI, FARADHILAH INDA PUTRI (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM SEKOLAH AMAN BENCANA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA DI KABUPATEN FAKFAK PROVINSI PAPUA BARAT. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI FARADHILAH INDA PUTRI UTAMI_29.1876_J4.pdf

Download (575kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP) : Kabupaten Fakfak merupakan salah satu wilayah yang sering terjadi bencana alam gempa bumi. Setiap tahun terjadi bencana alam gempa bumi dengan magnitudo dan kedalaman yang cukup besar. Minimnya kesadaran masyarakat terkait pentingnya menghindari dampak bencana dan kurangnya pengetahuan mitigasi bencana, maka diperlukan kebijakan penanggulangan bencana melalui Program Sekolah Aman Bencana yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Fakfak. Oleh karena itu, permasalahan yang ada Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk diangkat dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan program 2) Apa faktor penghambat dalam pelaksanaan program 3) Apa upaya dalam mengatasi hambatan pelaksanaan program ini. Tujuan : Penelitian ini dilakukan agar dapat mengetahui efektivitas program sekolah aman bencana dalam meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana di Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat, untuk mengetahui hambatan serta upaya mengatasi hambatan efektivitas program sekolah aman bencana. Metode : Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif yang mengadaptasikan melalui teori Duncan dalam Richard M. Steers (1985:53) yaitu meliputi pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil/ Temuan : Hasil penelitian ini bahwa pelaksanaan program Sekolah Aman Bencana ini belum efektif sesuai dengan tujuan meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana kepada masyarakat. Hal ini tampak pada dimensi integrasi dan adaptasi. Faktor penghambatnya pada organisasi, pekerja, kebijakan dan praktik manajemen, karakteristik demografis, perkembangan teknologi serta perubahan sosial. Kesimpulan : Hasil penelitian ini bahwa pelaksanaan program program Sekolah Aman Bencana ini belum efektif sesuai dengan tujuan meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana kepada masyarakat. Hal ini tampak pada dimensi integrasi dan adaptasi. Faktor penghambatnya pada organisasi, pekerja, kebijakan dan praktik manajemen, karakteristik demografis, perkembangan teknologi serta perubahan sosial. Kata Kunci : Efektivitas, Pengetahuan Mitigasi Bencana, Program Sekolah Aman Bencana

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Safety Management and Public Security
Depositing User: Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik FPM
Date Deposited: 17 Jun 2022 06:38
Last Modified: 17 Jun 2022 06:38
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9450

Actions (login required)

View Item View Item